UII Migrasi Pengelolaan Jurnal OJS 2 ke OJS 3
Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan workshop Pengelolaan Jurnal Berbasis OJS (Open Journal Systems) 3 Bagi Pengelola Jurnal di Lingkungan UII. Workshop luring yang diikuti kurang lebih 64 peserta berlangsung di Ruang Audio Visual Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) (PKPA) Fakultas Hukum (FH) UII. Workshop yang diselenggarakan pada hari Senin (6/22) ini terbagi menjadi 2 sesi dengan pemateri Muhammad Al Madani, S.M.
Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop bertujuan memperkenalkan pengelolaan jurnal di lingkungan UII ke arah lebih baik. Ia menegaskan bahwa UII telah melakukan migrasi dari OJS 2 ke OJS 3. “Beberapa memang sudah mempraktekkan ilmu pengelolaan jurnal pada workshop sebelumnya,” imbuh Imam.
Ia juga berpesan agar kendala-kendala yang telah dialami bisa didiskusikan pada workshop kali ini. “Semoga tim pemandu jurnal OJT (Open Journal Theme) bisa menularkan ilmunya kepada peserta hari ini,” ucap Imam.
Selain itu, ia berharap tim pengelola jurnal UII bisa bersinergi untuk maju ke depan. Hal ini bukan berarti untuk pengelolaan diri sendiri, melainkan pengelolaan secara komunal di universitas. “Saya yakin Tim OJP sudah pakar di bidang ini, maka dari itu diharapkan semoga bisa menularkan ilmunya di hari ini,” jelas Imam.
Pengelolaan jurnal yang baik bisa menjadi wadah output catur dharma UII, yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat. Yang mana tujuan adanya publikasi jurnal ini untuk kebermanfaatan umat.
Sementara itu, Prof. Dr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si. dalam sambutannya juga menegaskan terkait peningkatan kualitas pada jurnal. “OJS ini kita terapkan ke arah kualitas jurnal, sehingga konsentrasi fokus untuk meningkatkan kualitas jurnal,” ucap Jaka.
Dengan adanya pengelolaan jurnal ini, diharapkan bisa mengembalikan pada potret kehidupan yang memberi kebermanfaatan. “Kita niatkan mengelola jurnal ini sebagai ladang pahala bagi kita,” jelas Jaka.
Mengenal Lebih Dekat OJS 3
Sesi pertama membahas terkait pengelolaan editorial jurnal berbasis OJS 3, khususnya tentang sistematika review pada jurnal serta cara memperbaikinya. Muhammad Al Madani, S.M menjelaskan ada macam-macam jurnal; ARCC, Open Journal Theme, USC Annenberg, Journal Of Gastric Surgery, AGH University of Science and Technology, Forest and Society, dan Journal of Transformation Systematic Practice.
Beberapa pengalamannya, antara lain pernah mengikuti kegiatan training system dengan tim SQU-Oman, diskusi dengan klien dari Inggris Dr. Gail Simon, Training sitem OJS 3 dengan tim kampus UNAIR, dan Training system OJS 3 dengan tim Universitas Muhammadiyah Makassar.
Muhammad Al Madani juga menyebutkan bahwa untuk melakukan ekspor jurnal dari XML, baiknya mengakses dari dokumen terlebih dahulu. Jika terbaca di Scopus, maka di jurnal lain juga bisa terbaca. “Beginilah cara mensubmit artikel yang benar,” jelas Muhammad. Ia mempraktikkan kepada peserta, cara mensubmit artikel yang kemudian dilakukan review bersama.
Pada sesi kedua; Implementasi Tema Jurnal Berbasis OJS 3, Muhammad Al Madani memperjelas cara mengatasi problematika yang dialami oleh pengelola jurnal selama ini. “Misalkan menemukan ada pengiriman email gagal, fokusnya pada user participants saja. Jadi untuk mengetahui penyebab email gagal, maka diperlukan check pada user dan roles. Setelah itu, bisa mengirimkan email ke jurnal manager serta author yang bersangkutan,” jelas Muhammad. Sepanjang sesi kedua, Muhammad Al Madani menjelaskan sekaligus mempraktikkan pengelolaan jurnal kepada peserta.
Banyak keluhan peserta mengenai email yang gagal terkirim. “Penyebab email tidak terkirim mungkin salah satu dari banyak artikel, entah itu author dan ada kemungkinan emailnya sudah tidak aktif lagi.” tutup Muhammad. (LMF/ESP)