,

Seberapa Penting Branding Media Sosial?

Media sosial semakin hari semakin menjadi bagian penting kehidupan manusia. Data menyebutkan rata-rata setiap orang menghabiskan waktu selama 3 jam lebih setiap harinya untuk mengakses media sosial. Media sosial menjadi tempat berbagi segala kegiatan, berkeluh kesah hingga menebar kebencian. Hal tersebut memberikan dampak bagi para penggunanya.

Sisi positifnya adalah Branding Social Media yang tidak hanya dibutuhkan oleh individu saja, namun juga lembaga/institusi. Hal inilah yang melatarbelakangi Talkshow Branding Social Media: How To Make Creative Content Strategy yang diusung oleh Bidang Hubungan Masyarakat Universitas Islam Indonesia (HUMAS UII) pada Sabtu, (20/07).

Bertempat di Gedung Kuliah Umum UII, Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., M.Si. selaku Sekretaris Eksekutif UII menyampaikan bahwa media sosial dapat membantu penggunanya namun juga dapat menjerumuskan. “Semua hal yang berbentuk digital mudah dilacak. Sebagai seorang mahasiswa, anda baru berusaha mencapai langkah sebuah karir yang akan menjadi masa depan anda. Perusahaan besar di luar sana yang akan merekrut talenta-talenta terbaik akan mencarinya melalui ruang digital.” Ungkapnya.

Ia menambahkan, “jika konten-koten media sosial kita tidak kreatif dan bermanfaat, ini akan merugikan kita di mata perusahaan yang kita inginkan”.

Sementara itu, pemateri Dimas Novriandi selaku Vice President, Digital Banking PR, Social & Content Leader Jenius dan Bank BTPN mengatakan bahwa hal terpenting dalam pengelolaan media sosial bagi lembaga/institusi yaitu bukan mengenai berapa banyak jumlah pengikut yang dimiliki. Namun yang lebih penting adalah Engagement Rate pada setiap konten.

“Engagement meliputi bagaimana respon pengguna lain terhadap konten kita. Selain itu, adanya interaksi berupa komentar dari pengikut juga bisa menambah Engagement Rate. Semua ini bukan hanya sebatas jumlah pengikut.” Katanya.

Ia pun melanjutkan, dalam pengelolaan media sosial juga perlu ditegaskan tujuannya secara spesifik, terukur, dapat dicapai, dan realistis. Pemasaran melalui media sosial merupakan hal yang penting dalam strategi pemasaran karena tidak memerlukan biaya yang banyak.

Sedangkan pemateri ke dua, Adeste Adiprianti selaku Executive Producer Narasi.tv menekankan pentingnya tiga hal dalam branding media sosial yaitu gaya bahasa, diksi, dan tone. “Pemilihan gaya bahasa seperti bagaimana kalian berkomunikasi dengan followers, memilih Bahasa formal atau informal dan serius atau santai. Selain itu, pemilihan kata yang akan digunakan dan tone dalam berbicara atau menulis perlu diperhatikan supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman.”Jelasnya.

Dalam membuat konten ia memberi tips perlunya guidelines. “Sederhananya, pembuatan guidelines adalah kesepakatan bersama yang harus ditaati oleh tim pengelola media sosial.” Pungkasnya.

Talkshow ini ditutup dengan peluncuran “UII SOCIAL MEDIA AWARDS 2019” oleh Bidang Humas UII. Penghargaan bergengsi tersebut dapat diikuti oleh lembaga mahasiswa atau unit kegiatan mahasiswa yang ada di lingkup Universitas Islam Indonesia hingga akhir September 2019. (NIQ/ESP)