Magister Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial BudayaProgram Studi Ilmu Komunikasi Program Magister
Fakultas Ilmu Sosial BudayaProgram Studi Ilmu Komunikasi Program Magister
Digital and Environmental Communication
Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) dirancang untuk menghasilkan lulusan yang unggul dalam kajian komunikasi digital dan komunikasi lingkungan. Program ini menggabungkan perspektif kritis dan analitis terhadap fenomena komunikasi, media, dan lingkungan dalam budaya digital, dengan pendekatan berbasis nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan.
Sebagai program yang berorientasi pada isu-isu kontemporer, Magister Ilmu Komunikasi UII menawarkan kurikulum yang responsif terhadap perkembangan teknologi digital dan tantangan lingkungan global. Mahasiswa akan dibekali dengan pemahaman teoritis yang kuat serta keterampilan analitis dalam menelaah dinamika komunikasi digital, perubahan media, dan dampak lingkungan dalam ekosistem komunikasi. Dengan pendekatan multidisipliner, program ini mendorong penelitian dan praktik komunikasi yang berkelanjutan serta berpihak pada pemberdayaan masyarakat.
Keunggulan lain dari program ini adalah kehadiran visiting professors dari berbagai belahan dunia, yang memberikan wawasan global dan perspektif akademik yang lebih luas. Beberapa akademisi terkemuka yang akan berpartisipasi dalam program ini antara lain:
Peluang Karier
Media and Corporate Professionals:
Digital-based Professionals:
Researcher and Social Worker/Activist:
Pendaftaran & Seleksi
–
Biaya Studi
Uang pendaftaran = Rp. 500.000
Biaya per semester = Rp. 9.500.000
Detail informasi biaya studi, klik di sini.
Mata Kuliah
No. | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
Mata Kuliah Wajib Universitas | ||
1 | Islam Ulil Albab | 3 |
Mata Kuliah Wajib (Umum) | ||
2 | Teori dan Perspektif Komunikasi | 3 |
3 | Metode Riset Komunikasi Kualitatif | 3 |
4 | Komunikasi Profetik dan Pemberdayaan | 3 |
5 | Metode Riset Komunikasi Kuantitatif | 3 |
6 | Publikasi Karya Ilmiah | 4 |
7 | Reading Course/Communication Project Preparation | 4 |
8 | Tesis/Projek Komunikasi | 8 |
Mata Kuliah Wajib (Kekhasan Area Kajian) | ||
9 | Komunikasi dan Budaya Digital | 3 |
10 | Komunikasi Lingkungan dan Humaniora | 3 |
11 | Komunikasi Krisis, Risiko dan Bencana | 3 |
12 | Ekonomi-Politik Media Digital | 3 |
Mata Kuliah Pilihan (mahasiswa memilih 4 mata kuliah, atau setara 12 SKS) | ||
13 | Digital PR and CSR | 3 |
14 | Data Raya dan Kecerdasan Buatan | 3 |
15 | Komunikasi Urban dan Aktivisme Media | 3 |
16 | Ekosistem Media Kreatif | 3 |
17 | Eco-semiotics and Sensory Methodologies | 3 |
18 | Komunikasi Kesehatan | 3 |
Mobilitas Global
–
Informasi Lebih Lanjut
Sekretariat Magister Ilmu Komunikasi
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII
Gedung Dr. Soekiman Wirjosandjojo,
Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Km. 14.5 Yogyakarta 55584
Narahubung:
Admin Mikom UII: +62 822-3092-1007
Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 1 program diploma (D3), 3 program sarjana terapan, 27 program sarjana, 19 program magister, 6 program doktor, dan 4 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.
Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2024/2025 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia
Gelar & Strata |
M.I.Kom. – Magister (S2) |
Durasi Studi |
4 semester (perkiraan studi penuh waktu) |
Kampus |
Gedung Soekiman Wirdjosandjojo Kampus Terpadu Jln. Kaliurang km 14.5, Yogyakarta 55584 Kotak Pos 75 |
Akreditasi |
Akreditasi Nasional : ❯ Minimum (BAN-PT) Akreditasi/Sertifikasi Internasional : ❯ – |
Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu
Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII
(0274) 898444 Ekstensi 1234
Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: