Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UII Unjuk Kemampuan dalam Entrepreneurship

Mahasiswa sebagai agen perubahan sudah seharusnya berperan aktif dalam menjadi pelopor terbentuknya perubahan perekonomian nasional. Perubahan paradigma berpikir di kalangan mahasiswa dari mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja perlu semakin didengungkan. Dalam hal ini, maka pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang dirintis sejak dari bangku kuliah sangatlah dibutuhkan.

Untuk itu Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (LEM FTI UII) menyelenggarakan event bazar yang bertajuk Creative Bisnis Bazaar in Campus (CUBIC) 2017 yang dilaksanakan di depan Gedung K. H. Mas Mansur, Selasa (17/5). Zainul Arifin sebagai Ketua Umum LEM FTI UII dalam sambutannya mengatakan bahwa event ini bertujuan untuk mewadahi dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan jiwa enterpreneur dari mahasiswa, khususnya di FTI UII.

“CUBIC merupakan salah satu program kerja dari LEM FTI UII yang dikhususkan untuk menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk berenterpreneur. Seluruh stand diisi oleh mahasiswa FTI sendiri. Maka diharapkan dapat menjadi tempat untuk mengembangkan jiwa enterpreneur dari masing-masing mahasiswa yang mengikuti,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Acara, Imam Toyib Mustafa, bahwa setelah diadakan acara ini mahasiswa memiliki wadah berlatih berwirausaha dan dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk juga memulai usaha.

“Mahasiswa peserta bazar sangat senang dan terbantu dengan diadakannya acara ini, karena juga dapat menjadi ajang promosi produk mereka. Mereka berharap kedepannya bisa dilaksanakan lagi,” tambah mahasiswa Teknik Kimia itu.

Ada sekitar 10 stand yang disediakan panitia untuk mahasiswa yang ingin mengenalkan dan memasarkan bisnisnya pada event bazar ini. Jenis usaha yang dihadirkan pun bermacam-macam, mulai dari usaha kuliner, kerajinan tangan hingga berupa pakaian dengan brand dari mahasiswa yang bersangkutan.

Imam menyampaikan, ada aspresiasi bagi peserta  yang berpartisipasi dalam event ini. Para peserta akan memperebutkan dua kategori juara, yaitu kategori kreatifitas diraih oleh stand Ayam Djago yang menjajakan produk kuliner. Sedangkan kategori stand terfavorit yang ditentukan berdasarkan voting pengunjung didapatkan oleh stand Hanacaraka yang menjual totebag dan tas yang mengusung tema Eco Green atau produk hasil daur ulang. (BA)

Save