Kedekatan Dengan Media Massa Dorong Citra Perguruan Tinggi
Keberadaan media massa sampai saat ini dinilai masih menjadi salah satu sarana komunikasi publik paling efektif. Media massa memiliki kemampuan dapat menjangkau publik dengan cepat serta sebaran informasinya yang cukup luas. Tidak hanya itu, media massa juga bersifat dapat mempengaruhi opini publik. Inilah yang menjadikan media massa sebagai mitra penting bagi banyak institusi termasuk perguruan tinggi. Kedekatan dengan media massa dinilai dapat mendorong pembentukan citra perguruan tinggi yang positif.
Tema inilah yang mengemuka dalam acara “Knowledge Induction And Skill Upgrading Student Journalists Community” yang diadakan oleh Direktorat Humas UII. Acara yang berlangsung di Jogjakarta Plaza Hotel pada Sabtu (6/1) itu diikuti setidaknya 14 orang staf Student Journalists Community (SJC), binaan Humas UII.
Direktur Humas UII, Karina Utami Dewi, S.IP., MA dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan sebagai media peningkatan skill bagi anggota SJC yang baru saja diterima di awal 2018. “Lewat kegiatan ini kami berharap personel SJC dapat mengenal tentang dunia kehumasan perguruan tinggi dan bagaimana menjadi jurnalis mahasiswa yang dapat berkontribusi bagi pembangunan citra UII”, ungkapnya.
Sedangkan Wakil Rektor II UII, Dr. Nur Feriyanto, M.Si turut mengapresiasi upaya pembentukan dan pembinaan SJC di bawah naungan Humas UII. Ide pembentukan SJC sendiri merupakan gagasan yang dicetuskannya yang kemudian mulai direalisasikan Humas UII di tahun 2017.
“UII memiliki sumber daya yang melimpah, di antaranya banyaknya pakar dari berbagai disiplin ilmu. Keaktifan para dosen dan mahasiswa UII di bidang penelitian inovatif dan kegiatan pengabdian masyarakat juga tak kalah banyak. Hal ini perlu disuarakan oleh Humas UII dan SJC agar sampai ke masyarakat”, pesannya.
Sedangkan Daru Wibowo sebagai salah seorang pemateri menyampaikan tentang nilai-nilai kehumasan dan skill interpersonal yang perlu dimiliki oleh profesional Humas. Humas dituntut mampu berperan sebagai jembatan penghubung antara dua pihak yang saling berkepentingan. Di samping itu, Humas juga sebagai lembaga yang berfungsi mengkomunikasikan sikap dan kepentingan institusi di tengah publik.
Untuk itu, pria yang menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Cabang Yogyakarta itu menyarankan Humas harus melatih diri membuat konten kreatif yang dapat diunggah di website dan media sosial. Hal ini untuk merespon pergeseran konsumsi media masyarakat yang semakin sering mengakses media digital.
Pada acara ini, Wakil Rektor II UII juga berkesempatan melepas personil SJC 2017 yang telah menyelesaikan masa pengabdiannya. Di samping itu, peserta juga diajak belajar cara menulis artikel dan praktik fotografi jurnalistik di sesi pemateri lainnya.