Sinergi antara perguruan tinggi dengan pemerintahan daerah merupakan faktor penting yang dapat mendorong kesejahteraan masyarakat. Karena melalui hal tersebut masyarakat dapat merasakan langsung dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan keilmuan di lingkungan kampus. Universitas Islam Indonesia (UII) turut memegang komitmen tersebut dengan cara terus menggiatkan kerja sama dengan pemerintahan daerah di Yogyakarta.

Sebagaimana kegiatan yang diadakan pada Selasa (31/01) di Ruang Teatrikal Gedung Kuliah Umum Prof. Sardjito UII yang mempertemukan antara Pejabat Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan pimpinan UII. Pada momen ini dilangsungkan penandatanganan program kerja sama untuk program desa mitra di Kulon Progo.

Read more

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) memperluas kemitraannya dengan institusi pendidikan di Thailand, yakni Kuwait Pittayapat School. Kemitraan dengan sekolah berbasis Islam asal kota Krabi, Thailand itu diwujudkan lewat penandatanganan nota kesepahaman pada Selasa (31/1). Dengan disepakatinya kerja sama, PBI UII dapat mengirimkan mahasiswa untuk menjalani program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam lingkup ASEAN.

Read more

Pojok Statistik Universitas Islam Indonesia (UII) mendapatkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebagai tiga terbaik nasional. Terbaik pertama dan kedua ditempati oleh Universitas Brawijaya dan Universitas Sam Ratulangi. Saat ini, Pojok Statistik terdapat di 82 perguruan tinggi yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Kepala BPS Margo Yuwono. Acara dikemas dalam rangkaian peluncuran reformasi birokrasi BPS pada Senin, 30 Januari 2023 di Menara Danareksa, Jakarta. Selain penghargaan kepada Pojok Statistik, dalam acara tersebut juga diberikan apresiasi kepada 12 Desa Cantik yang memanfaatkan data dengan baik dalam pengelolaan desa. 

Read more

Mengawali tahun baru, Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan Wisuda Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma periode III Tahun Akademik 2022/2023 pada Sabtu (28/01) di Gedung Auditorium Prof. K.H. Abdul Kahar Mudzakkir UII. Proses wisuda dihadiri oleh wisudawan didampingi orang tua tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara ini juga disiarkan secara daring melalui kanal YouTube UII.

Pada wisuda kali ini, UII meluluskan 857 wisudawan yang terdiri dari 23 ahli madya, 752 sarjana, 79 magister, dan 3 doktor. Wisudawan terbaik dari Program Sarjana diraih oleh Ryanta Karina Program Studi Ekonomi Islam dan Muhammad Zulhamdi Program Studi Ekonomi Islam dengan perolehan indeks prestasi kumulatif (IPK) masing-masing 3,99.

Read more

Pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam perguruan tinggi. Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya mengoptimalkan kualitas pendidikan dengan menggandeng mitra dari dalam maupun luar negeri. Upaya menjajaki kerja sama pendidikan dengan mitra tersebut dikawal intensif oleh Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional. Sebagaimana dalam kunjungan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Kedutaan Besar RI di Bangkok Thailand (ATDIKBUD BANGKOK) Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D pada Jumat (27/01) di Ruang Pertemuan Abu Dhabi, Gedung Prof. dr. Sardjito, kampus terpadu UII.

Agenda pertemuan ini adalah untuk lebih membahas terkait dengan kerja sama antar perguruan tinggi terutama di Thailand. Dalam sambutannya, Achmad Wicaksono menjelaskan bahwa kunjungan kali ini adalah merupakan program KBRI untuk memperkuat kerja sama.

Read more

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Islam Indonesia (UII) sudah mulai dibuka sejak 20 Desember 2022. Kesiapan UII ini diikuti juga dengan kerja sama dengan 25 sekolah mitra tingkat menengah atas atau sederajat melalui pola seleksi Computer Based Test (CBT).

Hal tersebut tergambar dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara UII dengan ke-25 mitra sekolah tempat pelaksanaan tes CBT yang diwakilkan oleh Rektor UII dan kepala sekolah mitra. Acara berlangsung di Lantai 2 Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII pada Jumat (27/01).

Read more

Sebagai pembuka, izinkan saya berbagi kabar beberapa gembira. Alhamdulillah, sejak akhir Desember 2022, universitas yang kita cintai ini, Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mendapatkan akreditasi unggul sampai 2027, lima tahun ke depan.

Sebagai ikhtiar pengembangan institusi, UII menerapkan prinsip pertumbuhan ke samping dan terutama ke atas. Pertembuhan ke samping diwujudkan dalam pembukaan program studi baru tingkat sarjana dan pertumbuhan ke atas dengan pembukaan program studi tingkat magister dan doktor.

Alhamdulillah, dua izin program studi baru tingkat magister sudah UII dapatkan, yaitu Program Studi Statistika Program Magister dan Program Studi Rekayasa Elektro Program Magister.

Saat ini, kita sedang menunggu izin operasional untuk Program Jarak Jauh Program Studi Informatika Program Sarjana dan Program Studi Rekayasa Industri Program Doktor.

Beberapa proposal pendirian program studi baru juga sedang disiapkan. Insyaallah semuanya diniatkan untuk meningkatkan andil dalam menyiapkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan siap berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan umat manusia.

Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kiriman doa semua pihak, termasuk wisudawan dan orang tua wisudawan. Dukungan dan doa serupa pun tetap kami harapkan di masa yang akan datang.

 

Pengetahuan dan ketarampilan

Selama studi di UII, saya yakin, Saudara sudah mengumpulkan beragam bekal untuk siap berkiprah di tengah masyarakat, dengan beragam peran. Saya berharap kecakapan dalam bentuk pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) tersebut, terus dijaga dan ditingkatkan.

Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan lingkungan pun selalu berubah dan bahkan semakin kompleks. Apa yang sudah cukup di masa lampau, belum tentu memberikan hal yang sama di masa kini. Kecakapan yang diperlukan di masa kini, belum tentu juga mendapatkan apresiasi yang serupa di masa depan.

Untuk memastikan bahwa keberadaan kita tetap relevan di tengah perubahan dan bahkan turbulensi, adalah dengan selalu meningkatkan kualitas diri kita dengan tak lelah dalam belajar.

Berhadapan dengan masalah dan mencari solusi juga bagian dari peningkatan kecakapan. Dengan demikian, kita akan beragam pola masalah dan akrab dengan variasi solusi yang tepat.

Bisa jadi pesan ini terasa klise untuk saat ini, tetapi setelah Saudara terjun di tengah masyarakat dengan beragam tantangan yang ditemui, insyaallah Saudara akan mempunyai perspektif lain. Untuk itu, saya mengajak Saudara melakukan perenungan bersama, sehingga kesadaran akan masa depan muncul dari dalam diri sendiri.

 

Keluhuran akhlak

Selain terus meningkatkan kecakapan pengetahuan dan keterampilan, saya mengajak para wisudawan untuk tidak lupa untuk membalutnya dengan keluhuran sikap (attitude). Inilah kecakapan yang ketiga. Di dalamnya ada nilai-nilai mulia yang melandasi.

Akhir-akhir ini, banyak pihak yang mengeluhkan lunturnya sikap, terutama di kalangan anak muda. Mari kita buktikan bahwa kekhawatiran itu tidak perlu terjadi, karena pada alumni UII terus menjaga konsistensi dalam berakhlak yang mulia.

Akhlak merupakan sebutan lain dari sikap dengan cakupan yang lebih luas. Dalam akhlak terdapat unsur hubungan transendental antara makhluk dan Sang Khalik. Akhlak, makhluk, dan khalik mempunyai akar kata yang sama.

Saya percaya, akhlak mulia ketika dijalankan secara istikamah bersifat menular. Kebaikan sikap Saudara di tempat berkiprah, insyaallah juga akan menjadi inspirasi bagi orang lain. Keluhuran akhlak adalah cerminan kualitas orang beriman.

Keluhuran sikap dapat mewujud dalam banyak hal, termasuk menjunjung tinggi kejujuran dalam berpikir dan bertindak, mengikhtiarkan keadilan dengan sungguh-sungguh karena tidak ingin melanggar hak, dan menghormati semua orang karena sadar bahwa semuanya setara.

Dalam konteks praktik, kejujuran dapat mewujud dalam kehatian-hatian menjalankan amanah, termasuk menjauhkan diri dari praktik koruptif. Keadilan dijaga dengan menjalankan semua kewajiban dan menjaga hak liyan, termasuk hak organisasi. Kesetaraan diwujudkan dalam banyak sikap, termasuk tidak menghinakan orang lain dan menghargai kehadirannya sepenuh hati.

Mendengarkan orang lain dengan seksama juga bagian dari ini. Mendengarkan adalah aktivitas serius yang harus dilatih, dan bukan hanya aktivitas pengisi waktu ketiga menunggu giliran bicara.

Di lapangan, kita banyak menemukan pembicara yang luar biasa, tetapi tidak siap menjadi pendengar yang baik. Sikap ini menjadi semakin penting, ketika Saudara memegang peran sebagai pemimpin.

Ketika aspek transendental dihadirkan, maka semua itu dibingkai dengan kesadaran sebagai orang beriman yang harus konsisten di situasi apapun. Inilah yang dalam Islam disebut dengan ihsan. Orang yang menjalankan ihsan (muhsin) selalu merasa melihat Allah yang mengawasi, atau yakin jika Allah selalu merekam semua aktivitasnya.

Inilah istikamah, konsistensi. Menjaga istikamah sangat menantang di tengah zaman ketika toleransi terhadap penyimpangan kejujuran, keadilan, dan kesetaraan, sangat longgar. Maraknya korupsi dan eksploitasi alam di negeri ini, salah satunya juga karena ini.

Menjaga kejujuran itu gampang, jika kadang-kadang. Menegakkan keadilan itu tdiak sulit, jika hanya sekal-kali. Merawat kesetaraan itu mudah, jika hanya ketika ingat saja.

Yang menjadikannya menantang adalah karena semua harus dilakukan dengan istikamah.

Sambutan pada Wisuda Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma Universitas Islam Indonesia pada 28 Januari 2023.

Program Studi Profesi Arsitek (PPAr), Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) menyelenggarakan Sumpah Keprofesian Arsitek Angkatan 10 Tahun Akademik 2022/2023 pada Kamis (26/01) di Auditorium Lt.3, Gd. KH. Mohammad Natsir FTSP UII. Acara ini juga disiarkan melalui kanal YouTube Departemen Arsitektur UII.

Acara ini dihadiri oleh Rektor UII yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional, IAI DIY, Dekan FTSP, Ketua Jurusan Arsitektur, Kepala LLDIkti Wilayah V, Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia.

Read more

Ungkapan syukur selalu terpanjat kepada Allah, Zat Yang Maha Hebat. Hanya atas kemurahan-Nya, beragam nikmat terus mengalir kepada kita tanpa terkira.

Saya yakin, semua arsitek sudah mengikuti proses pendidikan yang tidak selalu mudah. Ada beragam tantangan dihadapi. Tetapi, alhamdulillah, semua dapat dilalui dengan baik. Tentu dengan beragam cerita, baik yang terungkap maupun yang cukup disimpan rapat dalam benak.

Selawat dan salam senantiasa terkirim kepada Rasulullah, Sang Kekasih Allah. Melaluinya, terkirim risalah untuk kebaikan umat manusia dan alam semesta. Nabi Muhammad semasa hidupnya tak lelah mengajak manusia untuk menebar maslahat.

Bagi saya, momen menghadiri pengambilan sumpah keprofesian arsitek selalu menarik. Pernah saya sampaikan di forum serupa, bahwa pada suatu masa, saya mempunyai cita-cita menjadi arsitek, tetapi takdir membawa saya ke pendulum yang lain.

Semuanya, alhamdulillah, disyukuri sepenuh hati, karena akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa manusia hanya bisa mengusahakan yang terbaik dan tak satu pun dari kita tahu akan berakhir di mana, dan dengan kelok perjalanan seperti apa.

Karenanya, saya mengajak semua arsitek muda untuk terus bersyukur atas semua nikmat dari Allah yang sudah diterima sepanjang perjalanan kehidupan sampai hari ini. Pun ketika mengingat momen yang tidak menggembirakan. Ketika direfleksikan kembali hari ini, momen tersebut bisa jadi merupakan belokan penting yang mengantarkan kita sampai hari ini.

 

Gocekan antardisiplin

Izinkan saya di kesempatan yang berbahagia ini berbagi sebuah perspektif yang bisa menjadi bahan renungan atau memantik diskusi lanjutan.

Hasil pembacaan terbatas saya atas beragam literatur menemukan hal menarik tentang bagaimana garis demarkasi disiplin semakin pudar. Kepudaran pagar ini tidak lantas menjadikan teritorialnya menyempit atau semakin tidak jelas, tetapi justru sebaliknya, cakupannya meluas dan membuka ruang komunikasi dengan disiplin lain. Inilah pendekatan antardisiplin (interdisciplinary approach) yang diperlukan untuk memecahkan beragam masalah yang semakin kompleks atau untuk meningkatkan kualitas solusi.

Kecenderungan ini pun saya temukan di bidang arsitektur. Saya tentu tidak punya legitimasi untuk berbicara mendalam soal ini. Tetapi, di kesempatan ini, izinkan saya membuat gocekan atau senggolan ringan (nudge) yang mudah-mudahan dapat memantik diskusi lanjutan.

Sebelum melanjutkan, saya ingin memperkenalkan konsep gocekan (nudge concept) yang mengusulkan desain adaptif dalam sebuah konteks sebagai cara mempengaruhi perilaku dan pengambilan keputusan dengan perubahan kecil (Thaler & Sunstein, 2009). Gocekan tidak memerlukan pembuatan peraturan atau pemaksaan.

Sebagai contoh, mengubah cara menempatkan makanan di kantin sekolah atau pabrik, dapat mengubah pola konsumsi makanan siswa atau karyawan, tanpa melakukan kampanye atau pemaksaan.

Apakah mungkin yang demikian juga diterapkan dalam konteks berarsitektur? Perubahan desain yang sederhana apakah mungkin dapat mengintervensi perilaku manusia menjadi lebih positif. Ini bisa mewujud dalam banyak hal, termasuk osmosis sosial yang lebih baik, interaksi yang lebih berkualitas, kepedulian kepada lingkungan yang lebih baik, atau lainnya.

 

Arsitektur dan perilaku manusia

Ternyata saya temukan edisi spesial Journal of Contemporary Administration yang mengusung tema nudging and choice architecture (gocekan dan arsitektur pilihan) (Leal et al., 2022).

Ada beragam informasi menarik dapat ditemukan di dalamnya, terkait dengan proses pengambilan keputusan manusia. Setiap hari, misalnya, manusia membuat 200 keputusan terkait dengan makanan. Sebagian keputusan dilakukan dengan sengaja dan hati-hati, tetapi sebagian besar ditentukan dengan kesadaran pendek, otomatis, dan melihat kepraktisan.

Faktanya, 45% perilaku harian kita di luar kebiasaan, dan cenderung diulang dalam konteks yang serupa. Kebiasaan adalah jalan pintas yang tidak menjamin pengambilan keputusan terbaik, tetapi cukup untuk merespons dengan cepat, terlepas itu menjadi kebiasaan baik atau buruk. Namun, pilihan-pilihan cepat ini mempunyai konsekuensi dan mempengaruhi keputusan lanjutan yang diulang dari waktu ke waktu.

Di sinilah muncul pertanyaan, apakah mungkin perubahan desain yang sederhana dalam arsitektur dalam ditujukan untuk menavigasi perilaku penggunanya dan menjadi kebiasaan baru?

Mungkin karena ini juga, pendekatan antardisiplin antara arsitektur dengan neuroscience juga digunakan untuk meningkatkan dan mendalami pengetahuan kita tentang pengalaman manusia dalam lingkungan binaan (built environment) (Karakas & Yildiz, 2020).

Ilustrasi di atas menggambarkan bahwa pendekatan antardisiplin sudah menjadi lazim dilakukan. Kita bisa temukan beragam contoh lain, di bidang arsitektur, yang saya yakin sudah masuk radar pada arsitek.

Arsitektur juga dikawinkan dengan ilmu politik (Bell & Zacka, 2020). Sebagai contoh kasus adalah hubungan antara lingkungan binaan dan regim politik tertentu. 

Apakah, misalnya, konfigurasi perkotaan tertentu memfasilitasi autoritarianisme atau demokrasi? Apakah gaya, jenis struktur, atau material bangunan mengekspresikan nilai politik tertentu, misal kaca untuk transparansi demokratis dan beton untuk egalitarianisme yang jujur?

Di dalam buku Political Theory and Architecture (Bell & Zacka, 2020), arsitektur juga dianggap sebagai infrastruktur politik dan bahkan sebagai agensi politik. Desain ruang sidang parlemen, misalnya, bisa mempengaruhi bagaimana para senator berinteraksi.

Saya tidak akan masuk lebih dalam dan diskusi ini. Pesan yang ingin saya sampaikan adalah bahwa pendekatan antardisiplin menjadi penting untuk memahami masalah dengan lebih baik di tengah semakin banyak variabel yang terlibat dalam sebuah konteks.

Beragam disiplin lain sangat mungkin dikawinkan dengan arsitektur, termasuk sosiologi (Jones, 2011) dan teknologi informasi (Abdirad & Dossick, 2016). Saya yakin, para arsitek bisa menambah panjang daftar disiplin ini, termasuk di dalamnya, sejarah dan filsafat.

 

Referensi

Abdirad, H., & Dossick, C. S. (2016). BIM curriculum design in architecture, engineering, and construction education: a systematic review. Journal of Information Technology in Construction (ITcon)21(17), 250-271.

Bell, D., & Zacka, B. (Eds.). (2020). Political theory and architecture. Bloomsbury Publishing.

Jones, P. (2011). The sociology of architecture: constructing identities. Liverpool University Press.

Karakas, T., & Yildiz, D. (2020). Exploring the influence of the built environment on human experience through a neuroscience approach: A systematic review. Frontiers of Architectural Research9(1), 236-247.

Leal, C. C., Branco-Illodo, I., Oliveira, B. M., & Esteban-Salvador, L. (2022). Nudging and choice architecture: Perspectives and challenges. Journal of Contemporary Administration26(5), e220098.

Thaler, R. H., & Sunstein, C. R. (2009). Nudge: Improving decisions about health, wealth, and happiness. Penguin.

 

Sambutan pada Sumpah Keprofesian Arsitek (SKA) Angkatan ke-10, Program Studi Profesi Arsitek, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia, Tahun Akademik 2022/2023 pada 26 Januari 2023.

Atas nama Konsorsium Epistemologi Islam, Universitas Islam Indonesia (UII), dan juga Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKSPTIS), saya mengucap syukur atas terbitnya buku “Integrasi Ilmu dan Islam” karya Prof. Dr. Ir. H. A. M. Saefuddin dan Drs. Yuddy Ardhi.

Bagi saya, penulisan buku dan publikasi ilmiah lain sebagai pengikat ilmu merupakan ikhtiar menjadikan ilmu menjadi lebih berusia panjang dan membuka pintu kebermanfaatan semakin lebar. Penulisan pemikiran juga memantik diskusi lanjutan yang sangat penting untuk membuat iklim ilmiah yang sehat.

Saya berterima kasih untuk kerja sama antara Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII), Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI), Konsorsium Epistemologi Islam, dan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKS PTIS) dalam acara ini.

Kelahiran setiap buku dan publikasi yang ditulis dengan serius layak untuk dirayakan, sebagai wujud apresiasi kepada pengembangan ilmu/sains dan ilmuwan/saintis. Kebiasaan ini dapat menjadi salah satu indikasi perangai ilmiah (scientific temper) yang harus semakin digalakkan.

Sejarah mencatat bahwa perangai ilmiah yang diindikasikan dengan perasaan gandrung terhadap sains, menjadi salah satu pendorong pengembangan sains di dunia Islam sampai mencapai masa kejayaannya. Ketika itu, sains dan saintis sangat dihargai.

 

Perangai Ilmiah

Saya ingin memulai dengan ilustrasi sederhana untuk melihat bagaimana umat Islam berpikir ilmiah dalam melihat sebuah kejadian.

Ketika ada gugusan awan yang menyerupai tulisan Allah atau Muhammad, apa yang dilakukan oleh umat Islam? Sebagian besar akan mengucap masyaallah, tanda takjub dan bentuk zikir kepada Sang Pencipta. Respons tersebut sama sekali tidak salah dan bahkan dianjurkan.

Namun, apakah kita pernah mendengar diskusi lanjutan, yang membahas bagaimana menjelaskan fenomena tersebut secara ilmiah, terkait dengan pembentukan awan yang mempunyai beragam formasi atau sejenisnya?

Jika kita sepakat pada konsep ulul albab menjadi landasan epistemologi, respons dengan “masyaallah” baru mengandung satu aspek: berzikir. Kita belum masuk secara serius ke aspek keduanya: berpikir.

Karenanya, muslim dengan perangai ilmiah, sebagai penerjemahan aspek berpikir ulul albab, akan menggunakan pendekatan ilmiah dalam melihat banyak hal dan dalam mengambil beragam keputusan.

Mengapa ini penting?

Kepercayaan publik dunia terhadap sains dan saintis tidak terlalu menggembirakan. Survei Wellcome Global Monitor pada 2018, misalnya, menemukan bahwa hanya 32% responden yang mempunyai kepercayaan tinggi terhadap sains secara umum dan hanya 34% responden yang mempunyai kepercayaan tinggi terhadap saintis.

Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kepercayaan publik terhadap sains dan saintis. Survei serupa pada 2020 yang melibatkan 119.000 responden di 113 negara/wilayah, menemukan sebanyak 43% publik mempunyai kepercayaan terhadap saintis, mirip dengan proporsi publik (45%) yang percaya kepada dokter (Wellcome, 2020).

Kepercayaan kita terhadap sains dan saintis merupakan salah satu indikasi perangai ilmiah kita.

 

Pengembang sains

Temuan riset yang dilakukan oleh Eric Chaney (2016), profesor dari Universitas Harvard, tentang perkembangan peradaban Islam menarik untuk dilihat. Dia ingin mencari bukti empiris lampau bagaimana muslim memberikan perhatian kepada pengembangan sains. Dia kumpulkan data dari Perpustakaan Universitas Harvard yang mempunyai lebih dari 13 juta koleksi, termasuk yang berasal dari abad ke-9, ketika peradaban Islam dipercaya berkembang sangat pesat.

Dia kumpulkan buku yang ditulis antara tahun 800 sampai 1500, diterbitkan di “wilayah Islam” saat itu, dan ditulis oleh penulis bernama Arab. Tentu meski bernama Arab, tidak selalu beragama Islam.

Buku dikelompokkan menjadi dua: buku agama yang ditulis oleh penulis dari madrasah, dan buku sains yang ditulis oleh mereka dari lembaga riset. Selain tahun terbit, kota tempat terbit buku juga dipetakan.

Temuan penting pertama mengamplifikasi pengetahuan kita selama ini, bahwa ada beberapa kota yang menjadi episentrum peradaban Islam saat ini. Kota tersebut adalah Bagdad, Aleksandria, dan Cordoba. Di ketika kota tersebut, banyak buku diterbitkan.

Temuan menarik lainnya adalah, bahwa sebelum abad ke-11, cacah buku sains yang diterbitkan jauh lebih baik dibanding buku agama. Namun, mulai abad ke-11, sebaliknya, cacah buku tentang agama naik tajam dan cacah buku sains turun drastis.

Sejarah mencatat bahwa kemunduran peradaban Islam dimulai pada abad ke-11 tersebut. Koinsidensi ini membimbingan pada sebuah kesimpulan terkait dengan peran pengembangan sains dalam sebuah peradaban.

 

Pertanyaan penutup

Jika berzikir merupakan salah satu sayap peradaban Islam, maka pengembangan sains yang didorong oleh perangai ilmiah, epistem berpikir, adalah sayap keduanya. Ibarat seekor burung, peradaban Islam tidak akan bisa terbang tinggi tanda dua sayap yang sempurna: sayap zikir dan sayap pikir.

Jika ini disepakati, maka saya ingin menutup tulisan singkat ini dengan sebuah pertanyaan untuk kita semua: dengan dilandasi niat baik dan dilandasi semangat integrasi ilmu dan Islam, apakah mungkin bahwa berbondong-bodong ke perpustakaan, berlama-lama di laboratorium, atau bersemangat mengumpulkan data lapangan sebagai contoh aktivitas berpikir, kita pandang sama mulia dan sama islami, dengan menghadiri majelis taklim di masjid sebagai amsal aktivitas berzikir?

 

Referensi

Chaney, E. (2016). Religion and the rise and fall of Islamic science. Working Paper, Department of  Economics, Harvard University, Cambridge, MA.

Wellcome (2020). Wellcome global monitor: How Covid-19 affected people’s lives and their views about science. Tersedia daring: https://cms.wellcome.org/sites/default/files/2021-11/Wellcome-Global-Monitor-Covid.pdf

 

Elaborasi sederhana dari sambutan pada pembukaan acara bedah buku “Integrasi Ilmu dan Islam” karya Prof. Dr. Ir. H. A. M. Saefuddin dan Drs. Yuddy Ardhi, kerja sama antara Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI), Universitas Islam Indonesia (UII), Konsorsium Epistemologi Islam, dan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKSPTIS).