D3 Analis Kimia UII Gelar Pelatihan ISO 15289

Raihan peringkat emas Universitas Islam Indonesia (UII) pada SNI Awards 2017 dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) menjadi acuan berbagai bidang di UII untuk terus meningkatkan mutu. Program Studi D3 Analis Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UII merespon hal tersebut dengan mengadakan Pelatihan ISO 15289. Acara yang merupakan bagian dari Akreditasi Laboratorium Medis ini diadakan pada hari Sabtu (9/12) bertempat di Gedung Kuliah Umum Sardjito UII.

Hadir sebagai narasumber Ivan Sarifudin, ST. yang merupakan konsultan ISO 17025 tentang Akreditasi Laboratorium Pengujian, Kalibrasi serta ISO 15289 tentang akreditasi Laboratorium Medis. Pelatihan tidak hanya diikuti oleh sivitas akademika UII namun juga dari pihak luar seperti diantaranya dari STIKES Guna Bangsa Yogyakarta, RSUD Gunung Jati Cirebon, STIKES Al Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyakat mengenai pentingnya standardisasi laboratorium. Hal ini sejalan dengan komitmen UII dalam membudayakan Standar Nasional Indonesia (SNI). Program Studi D3 Analisis Kimia aktif dalam membudayakan penerapan standar seperti mengintegrasikan SNI dan ISO 17025 kedalam proses pembelajaran.

Dengan adanya Pelatihan ISO 15189 diharapkan dapat menambah wawasan peserta dalam hal standardisasi laboratorium khususnya laboratorium medis. Program Studi D3 Analisis Kimia juga berhapar, dengan adanya pelatihan ini, kompetensi lulusan mengenai ISO Laboratorium dapat bertambah mengingat sebaran alumni DIII Analisis Kimia tidak hanya dalam lingkup laboratorium kimia tetapi juga laboratorium medis.

Selain materi pengenalan dan pemahaman ISO 15189, dalam pelatihan ini juga dipaparkan mengenai Penjaminan Mutu Laboratorium Medis. Penjaminan mutu laboratorium merupakan salah satu persyaratan utama dalam standardisasi laboratorium. Penjaminan mutu laboratorium bertujuan memberikan keyakinan yang memadai kepada pengguna jasa laboratorium bahwa data yang dihasilkan memenuhi persyaratan mutu dan valid. (BKP/RS)