, ,

Syeikh Ali Jaber dan Syeikh Adel Al-Kabani Sapa Sivitas Akademika UII

Bulan Ramadan yang akan segera datang dimanfaatkan Takmir Masjid Ulil Albab UII untuk mempersiapkan diri dalam menyambutnya. Membekali diri dengan ilmu pengetahuan agama menjadi penting agar amal-amal bulan Ramadan dapat dilaksanakan dengan maksimal. Seperti nampak dalam kegiatan grand opening SAFIR (Safari Ramadhan) 1438 H Masjid Ulil Albab yang berlangsung di kampus terpadu UII, Ahad (7/5). Takmir Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia mengadakan acara Tausiyah yang dihadiri oleh Imam Masjidil Haram, Syeikh Adel Al-Kabani dan Syeikh Ali Jaber.

Tausiyah yang bertemakan “Always Listening, Always Understanding“ itu dibuka dengan sambutan Rektor UII, Nandang Sutrisno SH, M.Hum., LLM,. Ph.D. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap terselenggaranya acara ini. Ia juga menyampaikan pada Syeikh Adel Al-Kabani dan Syeih Ali Jaber bahwa UII merupakan universitas tertua di Indonesia dan sudah menorehkan banyak prestasi di berbagai bidang baik tingkat nasional maupun internasional.

Dalam ceramahnya Syeikh Adel Al-Kabani yang juga merupakan Imam Sholat di Masjidil Haram menyampaikan materi tentang keteladanan Rasulullah. Ia menceritakan akhlak Rasulullah selama hidup di dunia dan bagaimana rasulullah selalu mendoakan dan memikirkan umatnya bahkan ketika beliau sakit keras sekalipun.

“Demikianlah bentuk kecintaan Rasulullah Saw terhadap semua umatnya. Ia selalu mengkhawatirkan umatnya, mendoakan umatnya dan mencintai umatnya. Namun patut disayangkan, bahwa masih banyak umatnya yang lupa terhaap sunnahnya”, ujarnya.

Dari ceramahanya yang singkat Syeikh Adel Al-Kabani berharap para tamu yang hadir di acara tersebut dapat mengambil intisari dan manfaat serta dapat meneladani sifat dan sikap Rasulullah Saw. Ini sebagai bentuk kecintaan terhadap Rasulullah Saw.

Kegiatan Safari Ramadhan sendiri merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Pengurus Takmir Masjid Ulil Albab selama Bulan Suci Ramadhan. Dalam kegiatan tersebut akan ada berbagai acara lainnya seperti Tabligh Akbar, Kajian Islami, Festival lomba ramdhan, Bedah buku Islami, Tadarrus al-Qur’an hingga salat idul fitri dan perayaan idul fitri berjama’ah di Masjid Ulil Albab.