,

UII Resmikan Pendirian #Aussie Banget Corner

Bekerjasama dengan Kedutaan Besar Australia di Indonesia, Universitas Islam Indonesia (UII) meresmikan pendirian #Aussie Banget Corner (#ABC), sebagai layanan informasi Australia pertama dan satu-satunya yang ada di Yogyakarta. #ABC menyediakan berbagai macam informasi mengenai Australia mulai dari budaya, literatur, jurnal, hingga informasi mengenai pendidikan di Australia.

Peresmian #ABC yang berlokasi di Gedung Moh.Hatta UII, Jl. Kaliurang Km.14,5 pada Senin (8/5), dihadiri dan disaksikan secara langsung oleh Menteri Konselor, Kedutaan Besar Australia, Mr. Steven Barraclough. Di Gedung ini pula, UII juga telah mempunyai Warung Prancis sebagai pusat layanan Informasi mengenai negara tersebut.

Disampaikan Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH, LLM, M.Hum, Ph.D., peresmian #ABC adalah salah satu permulaan yang sangat baik untuk memperkuat hubungan antara masyarakat Australia dan Indonesia. #ABC menurutnya akan menjadi tempat penting bagi pelajar Indonesia maupun Australia di Yogyakarta. Apalagi mengingat #ABC di UII adalah pojok Australia yang pertama dan satu-satunya di Yogyakarta.

Nandang Sutrisno menuturkan, peresmian #ABC merupakan salah satu peluang untuk memulai globalisasi di lingkungan sekitar kita. Masyarakat dari latar belakang yang berbeda bisa merasakan kegembiraan dalam mempelajari budaya, bahasa, serta aspek menarik tentang Australia lainnya. “Melalui usaha ini, seluruh keluarga UII dan masyarakat Australia diharapkan bisa saling memberikan manfaat,” ungkap nandang yang juga merupakan lulusan University of Melbourne.

Selain itu dalam era globalisasi ini, bidang pendidikan dan kebudayaan menurut Nandang Sutrisno merupakan salah satu pilar penting dalam menghadapi gelombang globalisasi. Oleh karenanya keberadaan #ABC menjadi sebuah chapter baru dalam hubungan Australia dan UII. “UII dan Australia adalah partner strategis, dan #ABC akan menginisiasi adanya pertukaran ide, pengetahuan, dan budaya dari kedua negara,” ujarnya.

Sementara disampaikan Steven Barraclough, Indonesia dan Australia merupakan tetangga yang saling membantu, dan pendidikan adalah salah satu dari kemitraan terkuat di antara kedua negara. Menurut Steven Barraclough, #ABC adalah sebuah bentuk proses pengenalan pendidikan di Australia untuk mahasiswa UII.

Oleh karenanya ia berharap akan ada alumni-alumni UII lainnya yang menyambung pendidikannya ke Australia. “ Semoga mahasiswa UII tertarik untuk mempelajari Australia dan melanjutkan studinya ke Australia,” ungkapnya. (MHD/RS)