FTI UII Jalin Kerjasama Dengan Tiga Universitas di Jepang

Fakultas Teknologi Universitas Islam Indonesia (FTI UII) sepakat menjalin kerjasama dengan tiga universitas di Jepang. Ketiga universitas tersebut yakni Kumamoto University, Kansai University dan Hokkaido Information University. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka memperluas jaringan terhadap perguruan tinggi yang berada di luar negeri, dalam hal student exchange dan joint research.

Disampaikan oleh Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc., “ Untuk penjajakan sudah lama dilakukan. Sebelum berangkat ke Jepang sudah mulai melakukan pendekatan untuk dapat bekerjasama ke beberapa universitas. Sebenarnya ada cukup banyak universitas di Jepang, namun yang dikunjungi hanya tiga universitas tersebut.”

Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc. yang juga merupakan Dekan FTI UII menambahkan, “Kerjasama ini merupakan inisiatif dari dosen dan prodi yang ada di FTI UII. “Untuk Kansai University, kebetulan mendapat informasi dari dosen kita yang sedang mengikuti penelitian disana, sedangkan untuk Kumamoto University dan Hokkaido Information University merupakan inisiatif dari jurusan.”

Kegiatan penjajakan kerjasama ini berlangsung selama tiga hari (24-26/4). Dalam penjajakan kerjasama ini turut serta dari FTI UII, ketua masing – masing jurusan, ketua pasca sarjana dan Dekan FTI UII. “Dalam penjajakan tersebut, ketiga universitas juga menawarkan kesempatan jika ada dosen yang mau sekolah disini, terutama bagi yang ingin mengambil gelar Doktor (S3).” imbuhnya.

“Setelah adanya penjajakan ini harapannya jelas, apa yang sudah disepakati bersama mudah -mudahan bisa segera di realisasikan, apa artinya kesepakatan kalau tidak ada realisasinya”, tutupnya.