,

Jurusan Akuntansi UII Selenggarakan UII-Business and Accounting Competition di Bengkulu

Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menyelenggarakan UII-Business and Accounting Competition (UII-BAC) 2024 di Bengkulu. UII-BAC merupakan kompetisi simulasi bisnis digital bagi siswa/i SMA/SMK/MA, yang pada tahun 2024 diikuti oleh 46 tim dari berbagai sekolah di Provinsi Bengkulu. Kompetisi ini dibagi menjadi dua tahap, babak semifinal dilaksanakan secara daring pada Ahad 5 Oktober 2024 dan babak final pada Sabtu 19 Oktober 2024 diadakan secara luring di SMA N 5 Kota Bengkulu, dengan melibatkan sepuluh tim terbaik.

Ketua Jurusan Akuntansi FBE UII, Dekar Urumsah, Ph.D. mengemukakan kompetisi ini dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa/i untuk lebih mudah memahami proses bisnis dan akuntansi di era modern. Ia juga menaruh harapan bahwa dengan penyelenggaran UII-BAC ini dapat menjadi wadah silaturahmi Jurusan Akuntansi UII dengan SMA/SMK/MA di Provinsi Bengkulu. “Jurusan Akuntansi UII juga menyampaikan terima kasih kepada segenap sponsor yang telah mendukung terselenggaranya UII-BAC 2024 ini,” tuturnya.

Beberapa sponsor yang mendukung UII-BAC 2024 ini antara lain Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Bank Bengkulu, DinaS Pendidikan Provinsi Bengkulu, Hotel Wilo, UII Net, Bank BPD DIY Syariah, SMA N 5 Bengkulu, dan MonsoonSIM.

Sebagai bagian dari rangkaian UII-BAC, Jurusan Akuntansi UII juga menyelenggarakan Seminar bagi Guru dan Siswa yang bertajuk “Analitika Data Akuntansi dan Kondisi Aktual Perpajakan di Indonesia”. Seminar ini juga menjadi wadah sharing session bagi 2 Program Studi di bawah naungan Jurusan Akuntansi UII yaitu Prodi Sarjana Akuntansi (Bisnis dan Teknologi) serta Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan. Acara seminar ini dihadiri dan dibuka oleh Rainer Atu, S.E., M.M. selaku Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu.

Prof. Rifqi Muhammad, Ph.D. selaku Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana FBE UII yang juga sebagai pembicara menekankan pentingnya kemampuan analitika data bagi calon akuntan untuk dapat bersaing di dunia kerja khususnya pada bidang akuntansi dan keuangan.

“Prodi S1 Akuntansi UII menyediakan berbagai program bagi mahasiswa untuk dapat mengasah keahlian analitika data dan akuntansi dengan berbagai piranti lunak seperti SAP, Tableau, ERPSim, MoonsoonSIM dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Marfuah, M.Si yang merupakan Ketua Program Studi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan FBE UII yang juga hadir sebagai pembicara, banyak menyampaikan mengenai perkembangan perpajakan di Indonesia serta peluang kerja di bidang perpajakan dan akuntansi.

Seminar yang berlangsung selama lebih kurang 2 Jam tersebut ditutup dengan pengumuman pemenang UII-BAC 2024. Kompetisi tersebut dimenangkan oleh Tim Cyber 2 dari  SMA N 2 Kota Bengkulu sebagai Juara 1; Tim Oly Corp dari SMAIT Iqra Kota bengkulu sebagai Juara 2; dan Tim Ten Go dari SMA N 10 Kota Bengkulu sebagai Juara 3.