, ,

Prodi Teknik Sipil UII Mengirim 2 Mahasiswa Student Exchange ke UiTM Malaysia

Universitas Islam Indonesia  (UII) terus berkomitmen untuk meningkatkan mobilitas internasional mahasiswa dalam rangka mewujudkan UII yang mondial dengan berbagai macam ikhtiar, salah satunya yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Sipil (PSTS) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII yang mengirimkan dua mahasiswanya yaitu Al-Alief Bagawi dan Dwi Ashari Hidayat untuk menempuh student exchange di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia selama 1 semester.

Al-Alief Bagawi memaparkan alasannya terlibat dalam kegiatan student exchange ini selain untuk mendapatkan pengalaman akademik yang berbeda, Alief begitu panggilan akrabnya juga ingin meningkatkan rasa percaya dirinya dalam berkomunikasi dengan bahasa inggris dan budaya yang ada di luar negeri tidak terbatas pada Malaysia saja.

Senada dengan Alief, Dwi Azhari beralasan dengan kegiatan ini mampu menambah pengalaman berkuliah di luar negeri. “Saya juga ingin bisa belajar culture dari orang lain karena pada saat orientasi kampus itu banyak juga mahasiswa internasional dari banyak negara bukan hanya Malaysia dan juga ingin merasakan bagaimana atmosfer bagaimana perkuliahan di kelas disana seperti apa,” ungkap Dwi Azhari.

Ketua Program Studi Teknik Sipil Program Sarjana, Yunalia Muntafi, S.T., M.T., Ph.D.(Eng). dalam sambutannya pada acara pelepasan mahasiswa student echange di Ruang Sidang PSTS FTSP UII pada Kamis (10/10)  mengucapkan selamat kepada 2 mahasiswa yang akan menempuh proses belajar di UiTM dan berharap dengan student exchange ini mampu menambah pengalaman mondial mahasiswa dengan pengalaman lintas budaya.

“Harapannya dari segi akademik, dengan student exchange ini  bisa bertambah knowledge dan bisa bertukar pikiran secara internasional dan atmosfer yang lebih baik disana bisa dibawa kesini untuk meningkatkan atmosfer akademik di UII,” harapnya

Lebih lanjut, Yunalia berpesan mewakili program studi kepada Alief dan Dwi begitu panggilan akrab 2 mahasiswa student exchange  sebisa mungkin selalu menghargai perbedaan budaya disana, fokus dalam belajar, cepat beradaptasi, dan mampu untuk terus memperluas jaringan, serta bisa membawa pengalaman dan pengetahuan baru untuk bisa dibagikan di PSTS UII.

Senada, Sekretaris Jurusan Teknik Sipil, Dr. Eng. Faizul Chasanah, S.T., M.Sc juga menitipkan pesan bagi Alief dan Dwi untuk selalu bisa menjaga komunikasi dengan sivitas akademika di UiTM dan memperluas jaringan dengan mahasiswa disana. Tak lupa, ia berpesan untuk bisa mempromosikan UII dan menjaga etika sesuai nilai-nilai yang ada di UII

“Serta yang terpenting jaga sholatnya karena di Malaysia juga termasuk Islamic Country jadi tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat. Mudah-mudahan selalu diberikan kelancaran dan kesehatan hingga selesai,” pesannya.

Sebagai penutup sambutan sekaligus pelepasan secara resmi, Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FTSP UII, Fitri Nugraheni, S.T., M.T., Ph.D. menambahkan pesan untuk selalu melakukan yang terbaik selama student exchange  untuk bisa membanggakan diri sendiri, keluarga, maupun UII.

“Kalian pergi ke Malaysia bukan untuk piknik tapi untuk studi, boleh main-main disana karena itu menjadi bagian dari sosialisasi, tapi tetap prioritaskan belajar selama disana. Niatkanlah student exchange kalian ini untuk ibadah, semoga dengan niat ini Allah memberikan kemudahan, keselamatan, dan kelancaran hingga selesai.

Pelepasan dua mahasiswa student exchange ini merupakan program tahun kedua di PSTS UII sebagai bagian kerjasama dengan universitas mitra yaitu UiTM. Dengan kegiatan ini harapannya mampu menjadi pengalaman berharga untuk mahasiswa dalam rangka memperluas wawasan, mengembangkan kelimuan teknik sipil di kancah internasional, berinteraksi dengan mahasiswa dengan berbagai latar belakang budaya, hingga terlibat langsung dalam pertukaran ide dengan mahasiswa internasional sehingga menciptakan lulusan yang adaptif, profesional, dan mondial. (AHR/RS)