Delegasi Dosen Baru UII Ikuti Onsite Training Erasmus+ Masudem

Sebagai bentuk keberlanjutan dari proyek hibah Erasmus+ Masudem (Master Studies in Sustainable Development and Management) dalam mendorong peluang kerjasama dengan mitra, Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar onsite training yang mengangkat tema “Teaching Methodology – What are some techniques to keep a class practical and interactive?”  dengan mendatangkan trainer bidang psikologi pembelajaran  dari Eötvös Loránd University (ELTE) Hungaria, Ferenc Csizovsky. Kegiatan ini yang dilaksanakan dari Senin-Jumat (30/09 – 04/10) bertempat di Ruang Sidang Datar Lantai 2 Gedung Kuliah Umum Prof. Sardjito, Kampus terpadu UII juga menghadirkan delegasi sebanyak 23 dosen yang bidang studinya sejalan dengan Erasmus+ Masudem.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan UII, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada delegasi yang sudah berusaha meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan ini. Tak lupa, Wiryono secara singkat menjelaskan kegiatan ini yang merupakan output dari hibah Erasmus+ Masudem.

“Erasmus+ Masudem ini adalah salah satu dari proyek peningkatan kapasitas diri pada pendidikan tinggi yang diikuti oleh beberapa universitas mitra termasuk UII yang bertujuan untuk mempromosikan pengembangan berkelanjutan dan green deal. Onsite training ini  adalah salah satu bagian dari proyek Erasmus+ Masudem (Master Studies In Sustainable Development and Management) yang harapannya bisa meningkatkan kapasitas diri dan peluang kerjasama,”

Wiryono menambahkan harapannya untuk para delegasi dosen agar mengikuti kegiatan ini dengan baik karena onsite training ini adalah bagian dari strategi dalam memperluas jaringan yang  tidak hanya berdampak pada tri dharma perguruan tinggi, tetapi juga berdampak untuk studi lanjut para delegasi dosen. “Kegiatan ini juga akan memberikan  peluang dalam perancangan dan perencanaan studi doktoral Ibu/Bapak sekalian,”

Lebih lanjut terkait materi kegiatan, salah satu delegasi Dwi Martutiningrum, S.Pd., M.Sc selaku Dosen Program Studi Manajemen FBE UII saat diwawancarai menerangkan materi tiap pertemuan kegiatannya yang mencakup seputar psikologi pendidikan dan metode pembelajaran dalam rangka membuat pengajar lebih dekat dan mampu memhamai kondisi mahasiswa.

“Kami mempelajari teknik-teknik komunikasi efektif dengan peserta didik, manajemen stress dan manajemen waktu dengan berbagai pendekatan yang menarik seperti eksperimen, studi kasus, dan dilengkapi dengan ice breaking menggunakan gambar, meme, dan games seru yang lain,” ungkapnya saat diwawncarai.

Arum, begitu panggilan akrabnya menjelaskan onsite training  ini membawanya pada kilas balik terkait materi pelatihan kepemimpinan saat duduk di bangku kuliah yang dibawakan oleh ekspatriat dari Amerika yang membuatnya sangat terkesan saat itu. Sehingga dalam kegiatan ini, Arum sudah memiliki bekal terkait materi yang dibawakan oleh Ferenc Csizovsky

“Pelatihan ini mendorong kami untuk secara aktif berpartisipasi dan memberikan pendapat dengan sudut pandang yang mendalam sehingga bisa merefleksikan materi dengan lebih optimal,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menambahkan kegiatan onsite training  ini sangat membantu dosen muda dalam memberikan pendekatan yang lebih humanis dan kontekstual pada peserta didik sesuai generasi saat ini. “Semoga jalinan kerjasama dengan Erasmus+ Master Studies in Sustainable Development and Management semakin solid dan startegis,” harapnya. (AHR/RS)