Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2025/2026 Resmi Dibuka

Universitas Islam Indonesia (UII) resmi membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Tahun Akademik 2025/2026 dalam rangkaian acara Yayasan Badan Wakaf (YBW) UII Expo 2024 yang digelar di Pakuwon Mall Yogyakarta, Jumat (27/9). Dibuka langsung oleh Rektor UII, Fathul Wahid, terdapat tiga pola seleksi yang dibuka, yakni Jalur Rapor, Jalur Beasiswa, serta Jalur Tes.

Sementara ini, pola seleksi yang sudah bisa diikuti adalah Jalur Rapor. Melalui jalur ini, siswa/i SMA/sederajat dapat mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru menggunakan nilai dari dua semester terakhir. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa proses mendaftar ke UII dapat dilakukan dengan mudah melalui gawai. Jalur Tes maupun Beasiswa juga akan dibuka segera.

“Dan untuk yang menginginkan kuliah berbiaya nol Rupiah, maka juga dapat mengikuti Jalur Beasiswa. Kalau tahun ini, ada sekitar 78 kursi Jalur Beasiswa yang tanpa membayar sepeserpun sampai lulus, terutama dari kalangan keluarga tidak mampu.” jelas Fathul dalam Pembukaan PMB UII 2025/2026.

UII merupakan pionir perguruan tinggi nasional di Indonesia. Berdiri sejak 1945, UII telah meraih Akreditasi Institusi Unggul. Calon mahasiswa dapat memilih di antara program pendidikan UII yang mencakup 1 program diploma (D3), 3 program sarjana terapan (D4), dan 26 tawaran program sarjana (S1) pada bidang studi yang beragam dan tersebar di 8 fakultas. Dari seluruh program studi yang ditawarkan UII, 86% program studi telah terakreditasi Unggul atau A.

Kepala Bidang Admisi UII, Ganjar Fadillah, S.Si., M.Si., Ph.D. dalam siaran pers menyampaikan, selain kelas Reguler, kelas Program Internasional (IP) dengan bahasa Inggris/Arab sebagai bahasa pengantar pembelajaran juga dibuka bagi calon mahasiswa yang tertarik. Sejumlah 16 program studi membuka kelas IP. Sebagian kelas IP menawarkan kegiatan mobilitas unggulan bagi mahasiswa, termasuk program gelar ganda (double degree) hingga credit transfer dengan universitas mitra UII di luar negeri, seperti di Belanda, Inggris, Australia, dan masih banyak lagi.

Kiprah UII dalam bidang mencerdaskan kehidupan bangsa telah dibuktikan dengan beragam raihan prestisius. Capaian UII sebagai Kampus Islam #1 di Indonesia oleh Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) pada 2024 dan tiga besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia dari QS World University Rankings (WUR) 2025 menjadi contoh prestasi UII sebagai universitas ternama Indonesia.

“Beberapa program studi di UII juga telah diakreditasi oleh lembaga internasional dari berbagai negara. Beberapa di antaranya, termasuk AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance), FIBAA (the Foundation for International Business Administration Accreditation), ASIIN (Accreditation in Engineering Computer Sciences Natural Sciences Mathematics), serta RSC (Royal Society of Chemistry),” terang Ganjar Fadillah dalam siaran pers.

Pembukaan PMB UII 2025/2026 dilaksanakan dalam rangkaian YBW UII Expo 2024 yang mengusung tema “Energi Jogja untuk Indonesia”. Di samping menampilkan pameran, perlombaan, serta berbagai aktivitas menarik, YBW UII Expo 2024 juga dimeriahkan dengan penampilan band dan diva ternama Indonesia, HIVI! dan Rossa. PMB UII 2025/2026 melalui Jalur Rapor mulai dibuka pada 27 September 2024 dengan proses pendaftaran yang dapat dilakukan setiap hari. Informasi lebih lanjut mengenai PMB UII dapat diakses melalui situs web pmb.uii.ac.id. (JRM)