Semarak Islamic Edufest 2024 sebagai Ajang Kreasi PAI UII

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar Islamic Edufest 2024. Acara yang diselenggarakan  pada Sabtu (14/9) di ruang Auditorium gedung KH. Wahid Hasyim FIAI UII tersebut turut dihadiri oleh Dekan FIAI UII serta jajaran dosen PAI serta tenaga pendidik.

Islamic Edufest merupakan acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun, juga sebagai ajang menampilkan karya atau produk mahasiswa pada setiap mata kuliah yang diambil. Seperti modul ajar, website pembelajaran, media interaktif, buku pembelajaran, poster, makalah, proposal dan lainnya.

Dr.Drs. Asmuni, M.A dalam sambutannya menyampaikan apresiai sebesar-besarnya untuk dosen serta penyelenggara acara yang terlibat. Menurutnya, PAI menjadi salah satu program studi yang kreatif dan dinamis.

“Saya secara pribadi memang memilih hadir di PAI, alasannya cukup strategis yaitu karena PAI banyak kreasi. Kreasi yang ditampilkan pun dinamis dan fleksibel jika diibaratkan masuk ke dunia perlombaan yaitu potensi juaranya besar”. terangnya

Sebagai tambahan, Ia juga menerangkan konsep jami’ dalam konteks yang lebih luas dan mendalam. Dimana konten ilmu sosial dan ilmu spiritual tidak akan cukup kecuali jika ditambah dengan konten ilmu agama maka terbentuklah konsep jami’ah yang sempurna. Kemudian yang menuntut semua itu disebut dengan jama’ah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi pembelajaran untuk mahasiswa baru 2024 yang dibersamai langsung oleh ketua Prodi PAI, Mir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I yang ditemani oleh Sekretaris Prodi PAI, Siti Afifah Adawiyah S.Pd.I., M.Pd. Perlu diketahui bahwa Islamic Edufest 2024  terdiri dari 2 rangkaian acara di dalamnya yaitu sesi pagi dihadiri oleh mahasiswa baru angkatan 2024 membahas tentang sosialisasi pembelajaran kemudian sesi kedua, siang hari dilanjutkan dengan pelepasan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dikhususkan untuk mahasiswa semester 7. (GRR/AHR/RS)