, ,

UII Sambut 4.334 Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Diploma

Universitas Islam Indonesia (UII) menyambut 4.334 mahasiswa baru program sarjana dan diploma dalam kegiatan kuliah perdana pada Selasa (3/9) di Auditorium Prof. K.H. Abdul Kahar Mudzakkir UII. Kegiatan kuliah perdana bertajuk #1UII untuk Kamu Satu-Satunya ini didikuti oleh mahasiswa baru UII dari berbagai wilayah tanah air dan manca negara.

Secara simbolis penyambutan mahasiswa baru ditandai dengan pembacaan dan penyerahan berita acara Kuliah Perdana Tahun Akademik 2024/2025 oleh wakil orang tua mahasiswa baru kepada Rektor UII, Fathul Wahid. Dilanjutkan dengan seremoni pelantikan mahasiswa baru oleh Rektor UII sebagai penanda resmi perjalanan akademik mahasiswa baru dalam menempuh studi di UII.

Fathul Wahid dalam sambutannya mengucapkan selamat datang untuk mahasiswa baru di UII dan berpesan kepada mahasiswa untuk bersyukur karena bisa berkuliah yang notabene hanya sepertiga anak bangsa yang mampu mengenyam bangku kuliah.

“Ini merupakan nikmat yang tak terhingga layak disyukuri dengan ketekunan dalam belajar dan keteguhan dalam mengembangkan diri, sebab pundak Saudara harapan bangsa tertumpu, dan di dalam diri Saudara masa depan gemilang mulai bertunas,” pesan Rektor UII.

Fathul Wahid juga menyampaikan bahwa di UII mahasiswa baru tidak hanya dibekali ilmu disiplin sesuai pilihan tetapi mahasiswa juga dibekali dengan ajaran agama dan pengembangan diri melalui berbagai aktivitas dan organisasi yang akan memberi pengalaman dan kepekaan terhadap sesama.

“Gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin jangan biarkan berlalu sia-sia. Di UII juga belajar untuk merangkul perbedaan, memahami bahwa yang berbeda bukan ntuk dijauhi tetapi untuk disatukan dalam harmoni. Keragaman ini adalah anugerah yang patut dirayakan bukan untuk mencipta jarak tapi untuk mendekati hati dengan saling menghormati. Dalam setiap perbedaan mengajarkan kita arti toleransi dan kasih dengan tulus,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Fathul Wahid menambahkan bahwa masa depan tidak tercipta secara cepat terdapat langkah kecil, keputusan bijak, semangat belajar, dan keterbukaan terhadap perubahan dalam menciptakan masa depan tersebut. Untuk itu perlu ketekunan dan kerja keras untuk meraih masa depan yang gemilang.

“Masa depan juga bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk lainnya yakni keluarga, masyarakat, dan bangsa. Ingatlah kampus ini adalah tempat mengasah potensi, menempa karakter, memperluas wawasan, dan juga membangun jaringan. Setiap kesempatan, tantangan, dan pengalaman akan menjadi bahan bangunan untuk merancang impian Saudara” tutur Fathul Wahid.

“Jadilah arsitek masa depan yang berani, tidak takut berpikir berbeda, dan melangkah diluar zona nyaman. Dengan demikian, Saudara akan terus berpeluang menjadi pribadi nomor satu. Semoga perjalanan Saudara disini dipenuhi inspirasi, dedikasi, dan keberanian untuk meraih impian yang lebih tinggi,” tandas Fathul Wahid.

Pelaksanaan kuliah Perdana Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2024/2025 menghadirkan narasumber Anugrah Pakerti sebagai Chief Executive Officer AVO Innovation and Tecnology yang juga alumni Teknik Informatika angkatan 2011. Selain itu hadir sebagai narasumber Shofi Latifah Nuha Anfaresi yang merupakan pendiri AiKite-Wash Startup, dan juga Alumni Teknik Lingkungan angkatan 2017. (AHR/RS)