, , ,

UII Sambut Mahasiswa Internasional sebagai Keluarga Baru

Universitas Islam Indonesia (UII) menyambut mahasiswa international tahun akademik 2024/2025 dalam acara “International Students Welcome Days 2024”. Acara yang digelar pada Senin (2/9) di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito ini dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, fakultas serta ketua program studi. Dari 48 mahasiswa internasional yang baru, 38 mahasiswa di antaranya akan mulai masuk perkuliahan di tahun ini. Sedangkan 10 mahasiswa lainnya akan menjalani kelas Bahasa Indonesia selama 1 tahun di CILACS, sebelum mulai belajar di program studi.

Rektor UII, Fathul Wahid di hadapan mahasiswa international dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang. “Saya ingin mengajak kalian semua untuk bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Islam Indonesia,” tuturnya

Lebih lanjut, Rektor juga menerangkan bahwa UII terbuka bagi setiap lapisan kalangan baik yang nasional maupun internasional. “Disini kalian akan menemukan berbagai warna yang berbeda-beda tentang Indonesia. Baik deri segi budaya dan bahasa, dengan begitu kalian boleh sekali mengembangkan pemahaman multikultural tentang hal tersebut. Mahasiswa international di UII juga tidak semua beragama Islam dan kami senang akan hal itu, karena UII dari semenjak ia berdiri  terbuka bagi siapapun,” terangnya

Di hadapan mahasiswa internasional, Rektor UII berpesan untuk merayakan harmoni, menghargai semua perbedaan yang ada karena itu semua merupakan bentuk rasa syukur kepada tuhan yang maha esa serta menebarkan kebahagiaan kepada sesama.

Kegiatan International Students Welcome Days 2024 juga diisi dengan penyampaian materi guna memudahkan pengalaman belajar mahasiswa internasional di UII. Pada sesi pertama, mahasiswa dibimbing untuk memperhatikan VISA dan Passport keimigrasian yang digunakan agar tidak melampaui batas maksimal. Sesi ini disampaikan oleh Direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A.

Sesi kedua disampaikan oleh Direktur Layanan Akademik, Hudori, S.T., M.T., Ph.D., yang menyampaikan tentang perkuliahan wajib universitas serta akses berbagai fasilitas akademik kemahasiswaan. Sesi ketiga disampaikan oleh Arif Fajar Wibisono, S.E., M.Sc. selaku Direktur Pengembangan Kemahasiswaan materi berkenaan dengan kebijakan dan layanan pembinaan, termasuk aktivitas ekstrakurikuler, pengembangan diri, serta fasilitas konseling bagi mahasiswa .

Sesi berikutnya yaitu penjelasan tentang sistem informasi akademik di UII yang disampaikan langsung oleh Dr. Majang Palupi, BBA., MBA. Selaku Kepala Perencanaan Badan Sistem Informasi (BSI) UII, seperti layanan UIIGateway dan penggunan internet kampus.

Sementara penyampaian informasi mengenai kegiatan mentoring keagamaan yang dikhususkan bagi mahasiswa internasional disampaikan oleh Direktur Direktorat Pendidikan & Pembinaan Agama Islam (DPPAI) Drs. Nanang Nuryanta, M.Pd. Sesi terakhir berkenaan dengan pengembangan karier mahasiswa disampaikan oleh Kepala Pengembangan Karier, Direktorat Pengembangan Karir & Alumni, Lifthya Ahadiati Akmala, S.Psi., M.Psi., Psi. (GRR/AHR/RS)