, ,

Hadir di Kuliah Perdana, Alumni UII Berbagi Kisah Inspiratif

Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia (UII) Tahun Akademik 2024/2025 menghadirkan narasumber Chief Executive Officer AVO Innovation and Tecnology Anugrah Pakerti dan Shofi Latifah Nuha Anfaresi yang merupakan pendiri dari AiKite-Wash Startup. Kedua narasumber merupakan alumni UII, yakni Teknik Informatika angkatan 2011 dan alumni Teknik Lingkungan angkatan 2017.

Dalam penyampaian materinya, Mas Aan begitu panggilan akrab Anugrah Pakerti, berbagi pengalamannya selama berkuliah di UII yang bermula salah jurusan. Tetapi dari salah jurusan tersebut, Aan mengerahkan energinya untuk mencapai tujuan kuliahnya yaitu ingin sesegera mungkin lulus kuliah

“Tahun 2013-2014 adalah proses terbaik perkuliahan saya, saya ikut program exchange yang saat itu diselenggarakan oleh AIESEC. Pengalaman itu sangat luar biasa disaat teman saya mengajar anak-anak sekolah, saya memilih untuk terlibat diskusi sesama mahasiswa di Ukraina, saya menantang diri saya sejauh mana saya bisa berdiskusi secara lanskap internasional. Saya sangat bersyukur karena pada saat itu saya sebagai mahasiswa akan sangat kesulitan jika tidak dapat support dari kampus dan UII mendukung saya untuk pergi ke Ukraina,” tutur alumni Teknik Informatika angkatan 2011 ini.

Selain itu, Ia juga bercerita saat memulai bisnis Avoskin dari kamar kost-kostan milik temannya yang saat itu hanya memproduksi 3 produk. Tapi dengan bekal keyakinan, motivasi, dan tujuan yang besar Avoskin saat ini sudah memiliki lebih dari 500 karyawan dan setiap tahunnya produk Avoskin memenangkan kategori terbaik produk kecantikan. Aan juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk jangan takut untuk terus maju ke depan, berani menghadapi ketakutan, dan bermimpilah lebih besar.

“Selain itu, prioritaskan nilai-nilai yang akan ada dalam diri dan hidup kita yaitu kejujuran, kerja keras, disiplin, tanggung jawab, memberi rasa keadilan, dan bersikaplah lebih berani untuk memiliki rasa kedermawanan. Ketika value ini ada di temen-temen semua, kita bisa menciptakan sesuatu yang lebih besar tidak hanya untuk kita tapi juga untuk orang lain. Terakhir bangun komunitas, jangan cuma aktif di kelas tetapi terlibatlah diluar kelas seperti berorganisasi, mencoba hal baru, bahkan ketika ada ketidakbenaran kritik dengan lantang, gunakan sosial media dengan tujuan kebaikan,” ungkap Anugrah Pakerti.

Selanjutnya, Shofi Latifah Nuha Anfaresi berbagi pengalamannya dari yang dulu berasal dari siswa biasa menjadi mahasiswa berprestasi dengan banyak pengalaman keluar negeri. Ia bercerita saat semester satu berkuliah di UII, ia mengikuti banyak lomba sampai mengantarkannya ke Amerika Serikat untuk berkontribusi pada film dokumenter bidang penelitian.

“Alhamdulillah di semester pertama kakak berkesempatan pergi ke Amerika Serikat. Waktu itu kakak terlibat dalam film dokumenter yang tayang di Januari 2018, disana kakak diminta untuk bercerita gimana caranya meneliti dan memberikan dampak. Dari sini bukan maksudnya harus menjadi peneliti tetapi adik-adik bisa mencari passion adik-adik, passion yang ketika melakukan hal tersebut teman-teman tidak merasa lelah, bahkan jika letih sekalipun bisa bangkit lagi. Passion kakak ada di penelitian dan dari penelitian tersebut kakak bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa ditayangkan kegiatannya di film dokumenter tersebut,” ungkap mahasiswa berprestasi UII tahun 2020 ini.

Selanjutnya, Nuha begitu panggilan akrabnya, bercerita bagaimana prestasi-prestasi bidang penelitian tersebut membawanya untuk mendirikan sebuah startup Bernama Ai-Kite Wash yang bergerak di bidang pengelolaan air dan lingkungan yang juga membawanya ke banyak negara.

“Jadi, apa yang kita usahakan saat ini kita gaboleh pesimis. Jadi teman-teman harus find your nitch karena semua orang punya keunikan masing-masing keunikn itulah yang harus dikonsultasikan setelah itu teman-teman bisa mendaftarkan banyak program. Di UII kakak diberikan banyak kesempatan dan dukungan yang luar biasa,” tuturnya.

Kegiatan Kuliah Perdana ini juga diisi dengan perkenalan pimpinan universitas, fakultas, dan program studi. Para pimpinan UII hadir dengan mengenakan pakaian adat daerah di Indonesia. Kuliah perdana ditutup dengan penampilan kolaborasi unit kegiatan mahasiswa (UKM) UII yakni Marching Band UII, Unisi Music Community (UMC), Xaviera Unisi, dan Pencak Silat UII. (AHR/RS)