Semarakkan Milad ke-81, UII Kembali Gelar Festival Seni Pertunjukan

Dalam rangka memperingati Milad Universitas Islam Indonesia (UII) ke-81 dan sebagai simbol semangat berkolaborasi serta dedikasi dalam menguatkan pendidikan dan seni budaya, UII kembali menggelar Festival Seni Pertunjukan 2024 yang digelar pada Kamis (11/07) di Auditorium Prof. K.H. Abdul Kahar Muzakkir.

Gelaran festival seni ini menampilkan pertunjukan dari tim Yayasan Badan Wakaf UII, Rektorat UII, dan delapan fakultas di UII.  Festival ini juga dimeriahkan dengan hiburan hadroh Ikatan Keluarga Ibu-Ibu (IKI) UII , Remember Entertainment, dan penampilan dari dua orang dewan juri yaitu budayawan Timur Sinar Suprabana dan Sosiawan Leak yang merupakan seorang penyair sekaligus penulis dan aktor.

Festival Seni Pertunjukan UII 2024 ini menjadi wadah bagi civitas academica UII dalam mengekspresikan dan mempertajam bakat, minat, serta kreativitas di bidang seni pertunjukan. Selain itu, diharapkan menjadi momentum terjalinnya kolaborasi dan kebersamaan. Terdapat sepuluh tim yang telah merancang dan mempersiapkan berbagai seni pertunjukan, di antaranya pentas musik, teater, opera, tari, komedi, serta puisi kolosal untuk menghibur dan menyajikan pengalaman berkesan bagi para penonton yang menghadiri acara.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, Prof. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si menyambut baik kegiatan ini.Ia menuturkan, dalam riset The Guardian tahun 2022, kesenian mampu menurunkan kecemasan sebesar 72%, menurunkan tingkat depresi sebesar 73%, meningkatkan kesejahteraan jiwa sebesar 76%, dan meningkatkan hubungan sosial sebesar 69%.

“Kita sadari kita yang berkecimpung di dunia civitas academica potensi depresi, potensi stress cukup tinggi, bahkan setelah Covid-19 banyak survei membuktikan banyak dosen dan mahasiswa yang mengalami stress cenderung depresi. Oleh karena itu, kita mengajak kepada civitas academica untuk rehat dari kegiatan akademik atau healing,” papar Prof. Jaka Nugraha.

Perwakilan kelompok setiap unit baik dari yayasan, rektorat, ataupun fakultas yang tampil terdiri dari gabungan unsur mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen. Ketentuan ini dimaksudkan agar tercerminnya semangat kebersamaan dan sinergi yang kuat antar sivitas akademika UII.

Ketua Panitia Festival Seni Pertunjukan 2024, Ike Agustina, S.Psi., M.Psi., Psikolog. berharap acara ini mampu mengakomodasi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan UII dalam mengekspresikan seni, kreativitas, dan kolaborasi.

“Acara ini lebih dari sekadar hiburan, ia mencerminkan semangat kebersamaan dan kreativitas di lingkungan kerja kita. Kami berharap melalui festival ini, setiap individu di UII dapat menunjukkan bakat dan potensi mereka, memperhalus budi melalui seni dan budaya serta mempererat ikatan antar pegawai dan kemampuan bekerja sama. Semoga acara ini menjadi sumber inspirasi untuk terus berinovasi dan berkarya, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari,” tuturDirektur Sumber Daya Manusia/Sekolah Kepemimpinan UII ini.

Dalam penyelenggaraan Festival Seni Pertunjukan 2024 ini, sepuluh tim menampilkan pertunjukan terbaiknya dengan meriah dan penuh warna. Penonton tampak sangat menikmati penampilan oleh setiap tim.  Lokasi acara pun dibuat sangat nyaman dengan berbagai hidangan jajanan tradisional yang dikemas dalam bentuk angkringan. Di akhir acara, diumumkan tiga tim terbaik hasil penilaian dewan juri. Fakultas Hukum (FH) dinobatkan sebagai juara pertama, Fakultas Teknologi Industri (FTI) meraih juara kedua, serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) meraih juara ketiga. (AHR)