Pentingnya Skill Public Speaking Bagi Mahasiswa

Keterampilan public speaking menjadi penting bagi mahasiswa di era modern ini. Menanggapi fenomena tersebut, Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) Aushaf Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan kelas pelatihan gratis public speaking bagi mahasiswa UII. Pelatihan tersebut digelar pada Minggu (07/07) di Gedung Kuliah Umum Prof. Sardjito. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Veny Hidayat, M.Psi. seorang psikolog sekaligus trainer yang sering memberikan pelatihan-pelatihan terkait public speaking.

Dr. Yanasta Yudo Pratama dalam sambutannya sangat senang melihat semangat mahasiswa untuk mengikuti kelas pelatihan tersebut, walaupun dilaksanakan pada hari libur, tidak mengurangi niat mahasiswa untuk terus belajar. Ia juga menambahkan bahwa public speaking merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dipelajari.

“Soft skill seperti public speaking ini sangat penting untuk di pelajari, jadi tolong dimanfaatkan acara seperti ini sebaik muungkin,” harap Dr. Yanasta

Memulai materi public speaking, Veny Hidayat terlebih dahulu mengajak para mahasiswa untuk tersenyum dan bergembira. Menurutnya, public speaking adalah seni komunikasi dengan orang lain, jadi sebelum berkomunikasi, seseorang harus mampu mengendalikan emosi dan ekspresi wajahnya agar orang lain merasa nyaman. “Awali public speaking dengan senyum dan tenang,” ucapnya.

Selanjutnya, materi beralih membahas potensi diri dan cara membangun personal branding. Ia menambahkan bahwa semua manusia diciptakan dengan kemampuan dan potensi yang berbeda, maka personal branding dibentuk berdasarkan pada nilai yang tertanam dalam diri tersebut.

“Lalu ada tiga cara untuk membangun personal branding yaitu, pertama kenali potensi diri, kedua tentukan tujuan personal branding, ketiga memperluas jaringan,” ungkapnya

Pada sesi ini, peserta dibagikan secarik kertas dan diminta menulis sebanyak-banyaknya potensi yang dimiliki serta impian yang ingin dicapai dalam kurun 5 sampai 10 tahun ke depan.

Sebagai penutup, ibu Veny menekankan bahwa semua profesi di dunia ini membutuhkan skill public speaking. Ia juga menawarkan konsultasi gratis bagi mahasiswa baik itu berkenaan dengan psikologis maupun public speaking. (GRR/AHR)