Kegiatan Sehari menjadi Mahasiswa UII Diikuti Siswa dari Berbagai Daerah

Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar kegiatan Sehari Menjadi Mahasiswa UII pada Selasa (25/6), di Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang 14,5 Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat UII kepada para peserta. Agenda yang rutin digelar ini terbuka untuk siswa SMA kelas 12 dengan rangkaian kegiatan yakni campus tour, pengalaman belajar sebagai mahasiswa, dan perkenalan fakultas/program studi.

“Nggak expect bakal naik odong-odong dan ternyata seru,” ungkap Ais seorang peserta yang juga siswi SMAN 3 Klaten selepas sesi tur kampus ketika diwawancara pada Selasa, 25 Juni 2024. Senada, Hillnandesh sesama siswi SMAN 3 Klaten turut menimpali. “Seru banget! Kupikir bakal membosankan, ternyata interaktif dan asik,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini, UII mengundang para calon mahasiswa yang sudah mendaftar berkuliah di UII, maupun yang masih memupuk ketertarikannya untuk merasakan sehari menjelajahi dan mengenal lebih dekat lingkungan kampus. Acara dimulai dengan sambutan oleh pimpinan, dilanjutkan dengan kuliah umum.

Dalam sesi berikutnya, yakni tur fakultas dan tur kampus, peserta memang dibawa berkeliling dengan menaiki odong-odong. Peserta yang sudah dibagi ke dalam kelompok yang lebih kecil kemudian menuju fakultas tujuan masing-masing sebelum mengunjungi fasilitas umum kampus dan dipandu oleh rekan-rekan mahasiswa Marketing and Communication dari masing-masing fakultas.

Pengalaman mengikutui kegiatan juga diungkapkan oleh Rafi, peserta asal SMAN 9 Yogyakarta. Kesan lain yang didapatkan Omar, bahwa perjalanannya mengeksplorasi kampus lumayan informatif sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang perkuliahan di UII. Menurut siswa asal SMAN 4 Yogyakarta itu, kakak mahasiswa yang mendampingi juga ramah dan bisa menjelaskan dengan baik.

Bagi Manda, peserta asal MA Hidayatullah Putri Magelang, acara ini super menarik, “Pengalaman berharga sekali, mungkin sekarang aku sudah punya 50% ketertarikan untuk daftar ke UII,” ungkapnya. Berbeda halnya dengan Dhana, siswa SMA Muhammadiyah Pakem yang sudah mendaftar di Jurusan Teknik Industri, yang menarik minatnya justru fasilitas pembelajaran yang atraktif dan ruangan.

Selepas istirahat siang, segmen acara berikutnya adalah sosialisasi PMB UII dan diakhiri dengan sesi awarding untuk peserta dengan berbagai kategori. Tidak hanya yang berdomisili di Jogja, antusiasme dari 167 peserta secara keseluruhan dapat dilihat dari banyaknya peserta yang justru berasal dari luar D.I.Yogyakarta, bahkan ada yang datang dari Kupang, Kendari, Tarakan, dan yang paling jauh adalah peserta dari Gorontalo. (NS/AHR)