Tim Mahasiswa UII Raih Juara I Musabaqah Syarhil Qur’an

Tim mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih prestasi Juara 1 Terbaik dalam Musabaqah Syarhil Qur’an yang digelar pada ajang Musabaqah Funun Islamiyah bertempat di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang pada (11-12/5). Ketiga mahasiswa yang memenangkan lomba ialah Asep Rizki Suhada Muharom, Kelvin Alviana Setiawan, dan Muhammad Subki.

Musabaqah Syarhil Qur’an ini merupakan serangkaian lomba dari Musabaqah Funun Islamiyah yang diselenggarakan oleh UPKM JDFI MSAA UIN Malang. Perlombaan MSQ menyeleksi 38 tim yang masuk dalam babak penyisihan, dan 10 besar tim dalam babak final lomba.

Dalam babak penyisihan menuju final, tim UII mencapai urutan 3 terbesar. Akan tetapi ia tidak menyangka akan mendapatkan juara pertama. “Alhamdulillah tidak menyangka bisa mendapatkan juara pertama. Saya sangat bersyukur dapat mencapai tahap ini,” ungkap Kelvin selaku intisari dalam tilawah MSQ.

“Motivasi kami ingin mensyiarkan Al-Qur’an dan mencari penjelasan mengenai kehidupan melalui penjelasan dalam Al-Qur’an tersebut.” ujar Kelvin, salah satu Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi 2023 tersebut.

Sementara Subki, anggota tim yang menjadi pembaca tilawah, mengungkapkan rasa semangatnya dalam mencari pengalaman lewat dan kebanggaan dalam mewakili kampus UII serta El Markazi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kunci kesuksesan untuk membangun solidaritas dan keharmonisan per tim harus diimbangi dengan ibadah pula. “Tim kami selalu melaksanakan sholat berjamaah dan meminta doa kepada keluarga dan kerabat terdekat, serta bertawassul,” ujar Subki.

Subki beserta rekan satu tim berpesan kepada mahasiswa UII yang ingin berkontribusi dalam perlombaan sejenis untuk menempatkan niat pada semangat berdakwah Al-Qur’an. “Pangkal kesuksesan sesuatu itu terletak pada kesungguhan dan cita-cita yang tinggi,” tutupnya. (FAP/AHR)