DPPM UII Gelar Workshop dan Klinik Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi

Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM UII) menyelenggarakan Workshop dan Klinik Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi pada Rabu (22/5), di Ruang Sidang DPPM, Kampus Terpadu UII. Hadir dalam workshop Prof. Jaka Sriyana, S.E., M.Si., Ph.D., dan Prof. Dr. Is Fatimah, S.Si., M.Si., sebagai reviewer.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII, Prof. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si., Ph.D., berharap kegiatan ini menjadi pelecut dosen-dosen UII untuk terus produktif dalam menerbitkan artikel yang terindeks jurnal internasional.  “Kalo dari Universitas mungkin khususnya, bapak ibu, kita ada fasilitasi untuk meningkatkan kualitas bahasa ataukah pendampingan proses itu juga kita lakukan, silahkan untuk dimanfaatkan,” tutur Prof. Jaka.

“Kita sebagai dosen memang harus tidak memposisikan sebagai komentator, artinya UII itu harus gini, gini, ya kita inilah sebagai pemain. Marilah kita bersama-sama untuk, kalau pengen UII itu dari sisi kontribusi keilmuannya itu tinggi terhadap masyarakat di indonesia, marilah kita menghasilkan karya,” imbuh Prof. Jaka Nugraha.

Materi workshop disampaikan oleh Prof. Dr. Is Fatimah S.Si., M.Si., Guru Besar bidang Ilmu Kimia UII yang baru saja meraih penghargaan sebagai Academic Leader terbaik 1 di Bidang Sains LLDIKTI V. Dalam pemaparannya, ia menekankan pentingnya riset yang bagus sebagai tahap awal penulisan jurnal yang berkualitas.

“Dengan publikasi di level internasional tentu pembaca kita itu adalah pembaca internasional. Artinya kalau ada teman baru, ada posisi baru, ada pendekatan baru itu barangkali akan memberikan insight atau bisa menjadi acuan untuk penelitian di bidang kita, sehingga kalau saya katakan itu juga menjadi amal ya, Amal Ilmiah,” tutur Prof. Is Fatimah.

Kegiatan workshop dilanjutkan dengan klinik jurnal ilmiah yang sebelumnya sudah dikumpulkan kepada reviewer. Sesi klinik dibagi menjadi ilmu eksakta dan ilmu sosial di ruangan yang berbeda. Para dosen satu-persatu melakukan mentoring serta diskusi jurnal ilmiah dengan reviewer.

Peserta workshop antara lain dari FTSP UII Prof. Suparwoko, Eko Siswoyo Ph.D., Prof. Sugini, dan Arif Budi Sholihah, Ph.D. Selain itu Dr. Ariany Zulkania dari FTI, Dr. dr. Ika Firdianingsih dan Dr. dr. Yaltafit Abror Jeem dari FK, serta beberapa dosen lainnya dari berbagai fakultas.