PBI UII Perluas Kemitraan dengan Sekolah Thailand

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) memperluas kemitraannya dengan institusi pendidikan di Thailand, yakni Kuwait Pittayapat School. Kemitraan dengan sekolah berbasis Islam asal kota Krabi, Thailand itu diwujudkan lewat penandatanganan nota kesepahaman pada Selasa (31/1). Dengan disepakatinya kerja sama, PBI UII dapat mengirimkan mahasiswa untuk menjalani program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam lingkup ASEAN.

Turut hadir dosen PBI UII, Dr. Ista Maharsi S.S., M.Hum. dan Willy Prasetya, S.Pd., M.A. serta dua perwakilan mahasiswa. Petinggi-petinggi dari pihak yayasan maupun sekolah Kuwait Pittayapat serta jajaran tenaga pendidik khususnya guru Bahasa Inggris juga mengikuti pertemuan yang berlangsung di ruang aula sekolah tersebut.

Acara diawali dengan penayangan video profil sekolah untuk mengetahui secara garis besar identitas dari sekolah mitra yang dituju. Penayangan video profil UII serta penjelasan singkat tentang UII dan PBI dipresentasikan secara langsung oleh Willy Prasetya.

Selanjutnya, Ista Maharsi dalam sambutannya berharap bahwa silaturahmi kedua pihak akan terus terjalin dengan ditandatanganinya nota kesepahaman. Hal ini juga dapat menjadi awal yang baik bagi mahasiswa PBI UII dan siswa-siswi di Sekolah Kuwait Pittayapat untuk merasakan pengalaman kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Inggris dalam lingkup internasional.

Sementara itu, Suffian Awae, salah satu petinggi yayasan atau School Licensee yang menaungi sekolah Kuwait Pittayapat, mengatakan, “Kami sangat senang dan menyambut kedatangan dari PBI UII ke sekolah kami. Serta kami berharap ke depannya, PBI UII dapat memberikan kebermanfaatan bagi Sekolah Kuwait Pittayapat dalam memberikan ilmu-ilmu yang akan bermanfaat pula untuk anak-anak kami, dan seluruh umat Islam tentunya”.

Sedangkan sesi diskusi membahas mengenai detail program-program yang ditawarkan oleh PBI UII ke sekolah Kuwait Pittayapat. Pertemuan dilanjutkan dengan agenda kunjungan atau observasi lingkungan sekolah dan kelas di seluruh jenjang mulai dari TK sampai SMA di sekolah Kuwait Pittayapat. 

Di hari berikutnya yakni Rabu (01/02), juga diadakan kunjungan ke sekolah-sekolah lainnya yang masih dalam satu naungan yayasan yang sama, yaitu Tarbiah Islamiah School, di Phang Nga, Thailand, dan Pattanasat Witthaya School, Klongyang Krabi, Thailand. (AD/ESP)