,

Perlombaan Catur Meriahkan Milad ke-80 UII

Mengawali rangkaian kegiatan Milad ke-80, Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan perlombaan catur sebagai event olahraga pembuka. Hari pertama pertandingan catur tersebut diadakan di Gedung Fakultas Hukum (FH) UII pada Kamis (15/02) dan diikuti oleh seluruh perwakilan di tiap-tiap Fakultas dan Unit Rektorat UII. Pada pertandingan hari pertama ini, persaingan antar tim di tiap-tiap Fakultas dan Unit Rektorat begitu sengit dan meriah. Total ada delapan tim dari berbagai Fakultas dan 1 tim dari Unit Rektorat yang bersaing dalam 12 pertandingan di hari pertama ini.

Disampaikan Koordinator Sie Bidang Olahraga, Syarif Nur Hidayat, S.H., M.H., bahwa pertandingan terlaksana dengan baik meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan. “Alhamdulillah secara umum kita sudah melaksanakan dengan cukup baik, misalnya seperti penyediaan tempat dan akomodasi, serta lainnya,” ujarnya.

Berdasarkan regulasi, turnamen catur Milad UII kali ini menggunakan aturan baku dengan tiga meja diisi oleh tiap tim, sedangkan kemenangannya ditentukan oleh setiap anggota tim yang ikut serta dalam pertandingan.

Lebih lanjut, dikatakan Syarif Nur Hidayat bahwa peluang kemenangan masih sangat bervariasi karena tiap-tiap tim mampu meloloskan wakilnya. “Kesempatannya masih bervariasi ya, hampir dipastikan, karena yang masuk ke semifinal ada Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Rektorat, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, hampir kecil kemungkinan terjadi juara di satu Fakultas”, lanjutnya.

Syarif Nur Hidayat menambahkan, mempererat solidaritas dan menjalin silaturahmi adalah tujuan utama dari pertandingan ini. “Tujuan besar kegiatan olahraga dalam rangka Milad itu kan untuk mempersatukan, mengguyub rukunkan antar unit, kira-kira begitu karena ini universitas cukup besar, di fakultas-fakultas cukup banyak, momen-momen seperti inilah ada pertemuan antar tendik antar dosen dalam satu event tertentu,” imbuhnya.

Pertandingan final diprediksi akan selesai pada hari kedua pada Kamis (16/2). “Tampaknya kalau dari gambarannya, itu besok selesai ini, dua hari selesai karena besok itu tinggal empat pertandingan lagi antara FBE dan Rektorat, kemudian yang menang akan melawan FIAI, kemudian yang Grup A itu ada yang menang antara FTSP/Rektorat melawan FK, kemudian mereka yang menang melawan FMIPA ya,” jelasnya.

Terakhir, Syarif Nur Hidayat menerangkan bahwa juara di masing-masing cabang olahraga akan mendapatkan medali. “Jadi nanti setiap kemenangan di tiap cabang itu nanti akan dihitung medali, juara 3 perunggu, 2 perak, 1 emas, nanti dihitung siapa yang paling banyak memperoleh medali itu nanti ada juara umumnya, juara umum itu bergilir, diputar,” pungkasnya. (JR/ESP)