Santri Pondok Pesantren UII Tuai Prestasi di Berbagai Kompetisi Nasional

Para santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia (Ponpes UII) tak berhenti menggoreskan tinta emas prestasi. Hal tersebut tergambar dalam capaian-capaian juara pada beberapa kompetisi yang diadakan selama kurun waktu bulan Oktober 2022. Kompetisi-kompetisi tersebut di antaranya Festival Kebudayaan Arab Universitas Gadjah Mada (FKA UGM), Kolab Preneur Pitch Idea Battle 2022, PLN ICE 2022 Innovation & Competition in Electricity, dan Kompetisi Nasional Desain Produk Nutrasetikal Universitas Mulawarman.

Dalam proses kompetisi-kompetisi tersebut, para santri Ponpes UII berlomba secara individu dan juga terlibat dalam tim yang mewakili UII. Rincian capaian para santri UII tersebut antara lain adalah pada ajang FKA UGM, UII meraih juara 2 Lomba Baca Berita Arab atas nama Nilnannisa Alifiyah dan Juara 3 Lomba Esai Presentasi atas nama Hizbi Maulana.

Adapun pada acara Kolab Preneur Pitch Idea Battle 2022, UII diwakili oleh tim yang semua anggotanya merupakan santri pesantren UII. Mereka adalah Muhammad Irsyad al-Fikri, Ahmad Fauzi, Ihsan Syafiul Umam, dan Baiq Sinar Mulyana. Membawa sebuah ide start-up yang bergerak pada bidang dekorasi interior kamar kost bernama Artikost, tim santri UII ini berhasil menyabet gelar juara 1. Selanjutnya tim ini akan berlomba di tingkat nasional untuk mewakili Yogyakarta pada tahap tersebut.

Tidak kalah menarik, salah satu santri pesantren UII juga turut menjadi bagian dari tim Motor Listrik UII “Enigmatic Knight” yang ikut berlomba pada ajang PLN ICE 2022 dan mendapat juara 2 pada kategori konversi motor BBM ke listrik. 

Santri tersebut ialah Hanas Muhammad Hanis, bersama dengan 5 orang lainnya dalam tim, ia mengambil posisi electricity engineer dan berhasil mengantarkan timnya dan UII tampil di kompetisi nasional. Selanjutnya purwarupa motor listrik milik Enigmatic Knight UII akan diikutsertakan untuk unjuk gigi pada ajang G-20 di Bali.

Terakhir, capaian prestasi UII datang dari cabang lomba desain produk nutrasetikal yang diadakan oleh Universitas Mulawarman. Yakni dari tim Sehat.CO yang salah satu anggotanya merupakan santri pesantren UII yaitu Nashrul Hanif al-Hakim. Bersama satu orang rekan timnya yang lain, ia berhasil membawa rancangan desain produknya mengalahkan tim dari Poltekkes Kemenkes Makassar dan Universitas Mulawarman. 

Capaian prestasi di atas merupakan penegas bahwa meskipun dilatar belakangi oleh disiplin ilmu yang berbeda, para santri pondok pesantren UII dapat saling bersinergi menggunakan potensi masing-masing dan dapat ikut serta berkontribusi dalam mengharumkan nama UII. (HM/ESP)