,

DPKA UII Kuatkan Keterampilan Nonteknis Lulusan

Memfokuskan pada pengembangan keterampilan nonteknis lulusan, Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni Universitas Islam Indonesia (DPKA UII) berhasil meraih Juara Tiga Short Video Indonesia Career Center Network (ICCN) Summit 2022. ICCN bersama Ciputra Group digelar di Surabaya pada 17-20 Rabiul Awal 1444H/13-16 Oktober 2022. Acara yang mengusung tema Leverage Employability of Indonesia’s Graduate ini dihadiri oleh perwakilan pusat karier dari universitas ternama di seluruh Indonesia.

ICCN sendiri merupakan asosiasi pusat karier seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang didirikan pada tahun 2016. Hingga kini, lebih dari 100 pusat karier universitas telah bergabung dengan ICCN.

“Saat ini banyak industri mengeluhkan keterampilan nonteknis yang dimiliki oleh para lulusan baru,” tutur Lifthya Ahadiati Akmala, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Kepala Divisi Pengembangan Karier DPKA UII.

Dia menjelaskan bahwa keterampilan nonteknis yang dimaksud adalah terkait komunikasi profesional, mentalitas, kemampuan pemecahan masalah, jaringan, dan kerja tim. Berbeda dengan keterampilan teknis yang sudah terpapar oleh teknologi memang diakui lebih bagus dari generasi sebelumnya. Pihaknya lebih fokus menguatkan keterampilan nonteknis karena fakultas dan program studi telah aktif membekali keterampilan teknis bagi mahasiswa.

Kiat-kiat yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan pengembangan karier berjenjang mulai dari tahun pertama hingga keempat. Dia menjelaskan bahwa layanan yang diberikan termasuk karier seminar secara berkala, karier mentoring, bursa kerja, serta bincang karier dengan menghadirkan perusahaan. Bincang karier diharapkan dapat menjadi ajang untuk bisa berbagi kisah dan perjalanan karier serta branding perusahaan.

Lebih lanjut, ia menambahkan memasuki era 5.0, dunia industri akan berubah dengan sangat cepat. DPKA UII dituntut untuk dinamis guna mengikuti dinamika dunia kerja yang membutuhkan talenta-talenta berbakat. Cara yang ditempuh untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan forum diskusi dengan berbagai perusahaan. Menelusuri kompetensi apa yang perlu ditingkatkan oleh para lulusan UII sehingga siap memasuki dunia kerja.

“Melalui ICCN kami berkesempatan untuk berkolaborasi dalam aktivitas pengembangan karier dalam skala yang jauh lebih besar,” tutupnya. (UAH/ESP)