UII Menerima Kunjungan Tim Monitoring Program Hibah Erasmus+ BuiLD

Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program hibah yang diterima selama empat tahun berjalan, yaitu Erasmus+ BUiLD (Building Universities in Leading Resilience). Kegiatan ini berlangsung di Simpul Tumbuh dan Ruang Rapat Dekanat FTSP UII pada Senin (22/08). Turut hadir Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Networking & Kewirausahaan, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D, Prof. Neil Towers, Nadine Sulkowski F.ISRM, Paul Schober, dan segenap kolega UII. 

Pada kegiatan ini, UII melaporkan buah dari hibah Erasmus+ BUilD yang telah diraih. UII mendirikan sebuah unit Center of Excellence of Disaster Resilience yang diberi nama SPMKB (Simpul Pemberdayaan Masyarakat untuk Ketangguhan Bencana). Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh SPMKB di antaranya: penelitian, pendidikan/pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, dan professional task

Melalui empat fungsi tersebut beragam kegiatan telah dilakukan oleh UII, salah satunya adalah program yang menjadi unggulan, SIAGA AWARD. Adapun SIAGA AWARD merupakan program kompetisi inovasi produk/program inovatif berkaitan dengan manajemen bencana. Program ini di tahun 2021 dilaksanakan untuk internal UII. Harapan ke depannya program ini dapat dilaksanakan dalam lingkup nasional maupun internasional.

“Harapannya ini dapat bermanfaat lebih luas dan dapat memberdayakan semua lapisan masyarakat,” ungkap Rektor UII. Hal ini juga ditanggapi oleh Nadine Sulkowsky selaku project lead Erasmus+ BUiLD, bahwa ia juga mengharapkan hal yang serupa. 

“Saya sangat setuju dengan beberapa kegiatan yang telah dilakukan UII,” ungkapnya. Ia berpesan, agar dana hibah ini tetap diberdayagunakan untuk kebermanfaatan. 

Evaluasi yang dilakukan semacam ini, guna untuk mengecek kesiapan UII dalam merealisasikan dana hibah. “UII telah mempersiapkan segala kemungkinan kebutuhan untuk realisasi dana hibah Erasmus+ BUiLD ini,” imbuh Wiryono Raharjo.

“Jika UII sudah menyiapkan segala hal, semoga nilai manfaat terus akan dirasakan,” ungkap Prof. Neil Towers. Dalam kegiatan pendanaan hibah ini, UII harapkan ke depannya, program yang dilakukan oleh SPMKB dalam mencapai cita-cita UII sebagai “Universitas Tangguh Bencana” dapat bermanfaat bagi lingkungan internal serta masyarakat sekitar UII. 

Lebih lanjut, UII juga mengharapkan kolaborasi antara SPMKB UII dan fakultas-fakultas di lingkungan UII dapat terjalin dengan baik serta berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan upaya pertama dari Erasmus+BUiLD yaitu dapat mendorong dan mengupayakan pemahaman mengenai kebencanaan yang ada di Indonesia. (LMF/ESP)