Luncurkan UII Website Appreciation, Ajak Webmaster Melek SEO

Bidang Humas Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan Workshop dengan tema Optimasi SEO dan Konten Bagi Pengelola Website di Lingkungan UII. Acara yang berlangsung di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito pada Senin (4/7) ini dihadiri oleh perwakilan pengelola website dari tiap unit di UII. Pemateri dalam acara ini adalah seorang pakar SEO dan Founder SEO United, Didik Arwinsyah S.Si.

“Kami merasa ini adalah suatu cara agar website di lingkungan UII bisa mengikuti perkembangan zaman sehingga website kita lebih mudah dikenal oleh orang di luar UII. Tidak bisa dipungkiri karena memang saat ini orang itu mengenal salah satu institusi itu dari website nya dulu, tidak langsung datang ke tempatnya.” Ucap Kepala Bidang Humas UII, Ratna Permata Sari S.I.Kom M.A. dalam sambutannya mengawali acara.

Kemudian acara dilanjutkan oleh Didik Arwinsyah yang menyampaikan pengertian dari SEO. Search Engine Optimization adalah cara mengoptimalkan mesin pencari di internet seperti google, bing maupun yahoo dengan website yang kita miliki. “Bagaimana nama kita, brand kita, perusahaan kita, kampus kita, website kita itu muncul di mesin pencari. Urutan kalo bisa urutan 10 besar, kalo bisa 5 besar kalo bisa lagi peringkat pertama.” tutur Didik.

Website yang muncul dalam urutan sepuluh besar bahkan peringkat pertama akan berefek pada traffic dan pembaca website. Tujuan dari SEO sendiri adalah membuat artikel yang akan muncul pada urutan pertama mesin pencari. Sebelum mulai menulis hal yang harus diperhatikan adalah melakukan research keyword yang akan digunakan. Research tersebut dapat berupa kata demi kata, huruf demi huruf sesuai dengan suggest pencarian.

“Atau yang sedang relate, misalnya sebentar lagi akan diadakan penerimaan mahasiswa baru. Maka mulai lah netizen mengetik ramai-ramai, mengetik tadi dengan kata kunci yang sama dan disimpan lah oleh google menjadi suggest.” Jelas Didik.

Selain memberikan materi, Didik juga mengajak peserta mempraktekkan cara mencari dan menentukan keyword untuk pencarian. Ia bahkan langsung mengamati perkembangan setiap peserta dalam Workshop Optimasi SEO ini. 

Akhir kata Didik berpesan untuk membuat artikel yang akan dicari orang lain, bukan membuat artikel yang sesuai kemauan diri sendiri. “Karena kita punyanya SEO Bapak Ibu sekalian bukan iklan. Kalo iklan di sosial media boleh kita membuat sesuai dengan maunya kita. Tapi kalo SEO buat lah artikel apa yang dimau orang, apa yang dicari orang bukan menurut versi kita.” Jelasnya.

Acara ditutup dengan launching UII Website Appreciation 2022 yaitu ajang apresiasi yang akan diberikan kepada website pada setiap unit di UII baik unit fakultas, unit prodi, unit layanan maupun pusat studi di lingkungan UII. Kriteria penilaian pada tahun ini adalah pembaruan website mulai dari artikel berita, pengumuman, slider menarik, dan lain-lain. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 4 Juli sampai dengan 10 Juli 2022. Info selengkapnya dapat diakses pada laman https://humas.uii.ac.id/uiiwebsite2022/. (LY/ESP)