Cilacs UII Terima Studi Banding UPB UINSI Samarinda

Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat penting jika ingin memperoleh beasiswa pendidikan untuk kuliah di luar negeri. Terlebih dengan banyaknya program beasiswa dalam maupun luar negeri yang dibuka saat ini mendorong meningkatnya kebutuhan tes kompetensi bahasa asing, khususnya TOEFL ITP®.

Dalam penyelenggaraan tes kompetensi bahasa asing yang resmi serta mendapatkan lisensi dari penerbit tes tidaklah mudah. Selain perangkat tes yang memenuhi standar internasional, sumber daya manusia yang memiliki kompetensi juga sangat diperlukan.

Hal inilah yang mendorong Unit Pelaksana Teknis Bahasa (UPB) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Kalimantan Timur berkunjung ke Cilacs UII untuk belajar tentang tata kelola penyelenggaraan tes yang resmi (official). Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu (16/4) di Cilacs UII Yogyakarta, Jl. Demangan Baru 24 Yogyakarta dilaksanakan secara tatap muka.

Pertemuan diterima oleh Kepala Cilacs UII Lizda Iswari, S.T., M.Sc yang diwakili oleh Aditya Suci, S.Pt (Kadep Pemasaran) dan Muh. Yusuf Arif Nur Rahmat, S.Pd. (Kadep Layanan Tes). Sedangkan dari pihak UINSI Samarinda, Kepala UPB UINSI Dr. Edy Murdani Z., M.Pd. mengutus M. Fajri sebagai perwakilan untuk kegiatan tersebut. 

Dalam perbincangan yang berlangsung santai kedua belah penuh antusias melakukan tanya jawab tentang pengelolaan tes kompetensi bahasa, terutama yaitu tes TOEFL ITP ® baik paper based maupun online remote proctoring. Dijelaskan pula berbagai kendala dan solusi yang pernah dihadapi oleh Cilacs UII selama ini. Di akhir pertemuan, kedua belah pihak saling bertukar cinderamata dan berharap pada masa yang akan datang dapat terjalin kerja sama. (Ank)