UNISKA Kediri Jawa Timur Studi Banding ke Cilacs UII

Dalam perkembangannya, pusat bahasa sebagai pelaku bisnis peningkatan sumber daya manusia bidang kebahasaan harus memiliki inovasi yang tinggi dalam menghadapi perkembangan dunia saat ini. Sabtu (5/3) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Islam Kadiri (UNISKA), Kediri, Jawa Timur melakukan studi banding pengelolaan pelatihan bahasa asing di Cilacs UII Yogyakarta. 

Pertemuan dilakukan secara hybrid, dimana Kepala Cilacs UII Lizda Iswari, S.T., M.Sc menyambut pertemuan tersebut secara online. Sedangkan rombongan diterima secara onsite oleh  Aditya Suci, S.Pt (Kadep Pemasaran) dan Muh. Yusuf Arif Nur Rahmat, S.Pd. (Kadep. Layanan Tes). Cilacs UII di Gedung UII Unit Demangan Jl. Demangan Baru 24 Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Lizda Iswari menceritakan perjalanan Cilacs UII sejak 2003 hingga sekarang. Menurutnya, banyak sekali kendala yang dihadapi sebelum mencapai pada titik ini. Sebagai lembaga mandiri, Cilacs UII harus banyak melakukan inovasi terhadap semua program yang ditawarkan agar bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. 

Selain itu, Lizda juga menyampaikan rasa bahagianya karena UNISKA telah memilih Cilacs UII sebagai tempat berkunjung untuk studi banding. Kesempatan itu juga bisa membawa manfaat bagi Cilacs UII untuk melakukan evaluasi dalam berbagai bidang. 

Sementara itu UPT Bahasa UNISKA yang dipimpin oleh Wildan Isna Asyhar, M.Pd (Manajer UPT Bahasa UNISKA) mengajak jajarannya antara lain : Angga Prasongko, M.Pd.  (Standarisasi dan Pengembangan Alat Tes), Dewi Astutik, M.Pd. (Pengembangan Kurikulum), M. Syaichul Muchyidin, M.Pd. (Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Hasriyulian Fikri, S.Pd. (Staf IT Pusat Bahasa), dan Munawaroh, S.Pd. (Sekretaris Kepala UPT/ Pusat Bahasa). 

Pihaknya menyampaikan perkembangan UPT Bahasa UNISKA dan segala kendala yang dihadapi saat ini untuk menuju lembaga yang lebih besar. Diskusi berlangsung dua arah dan tampak akrab dalam menyampaikan berbagai solusi yang mungkin bisa dilakukan. 

Di akhir sesi dilakukan foto bersama dan bertukar cinderamata sebagai tanda kerja sama tersebut sudah terlaksana dengan baik. Dalam momen itu, kedua pihak menyampaikan harapan supaya dalam pertemuan ini bisa saling memetik manfaat positif . (Ank/ESP)