Peluang dan Tantangan Pengajaran BIPA untuk Penutur Bahasa Arab

Center for International Language and Cultural Studies Universitas Islam Indonesia (Cilacs UII) bersama Universitas Darussalam Gontor mengadakan webinar Pembelajaran Bahasa Arab pada Sabtu (5/3) dengan tema “Peluang dan Tantangan Pengajaran BIPA”. Webinar dihadiri mahasiswa semester 4, dosen, dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor. BIPA adalah singkatan dari Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang lazim diikuti pembelajar dari luar negeri.

Saras Bayu Jatmiko, S.Pd., Gr. (Staf dan pengajar BIPA Cilacs UII), narasumber dari Cilacs UII  pada acara itu menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Studi Pengayaan Lapangan. Materi yang diberikan dalam webinar ini antara lain pengenalan BIPA secara umum, penyelenggaraan BIPA di Cilacs UII, penyusunan kurikulum, dan bahan ajar BIPA yang digunakan. Selain itu, disampaikan juga tentang peluang dan tantangan pengajaran BIPA untuk penutur bahasa Arab.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan sharing pengalaman dari pemateri terkait karakteristik pemelajar BIPA dan pembelajaran di kelas. Sesi webinar berlangsung antusias yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi pengajaran BIPA dengan pengantar bahasa Arab oleh Ust. Muhammad Rofiqi, S.S, M.Hum. (pengajar Bahasa Arab Cilacs UII) dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar pengajaran BIPA. (Sqr/Ank)