Tips Memulai Karir di Industri Teknologi

Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni UII (DPKA UII) mengadakan webinar Live Career Talk bertema “How To Start Career In Tech Industry” pada Jumat (7/1). Webinar yang menghadirkan pembicara Kiptya Nur Astari, Talent Acquisition Specialist di Niagahoster ini membahas berbagai tips dan trik bagi para mahasiswa yang ingin berkarir di dunia industri berbasis teknologi.

DPKA UII menggagas acara ini agar para mahasiswa maupun masyarakat umum yang tertarik berkarir di bidang teknologi mengerti dan paham bagaimana langkah dalam mewujudkan cita-cita tersebut. 

Disampaikan Kiptya Nur Astari, teknologi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini. Teknologi tidak hanya memudahkan proses pendistribusian informasi namun juga memungkinkan para pekerja lebih mudah menyelesaikan tugas dengan memakai tools yang ada. Untuk itu, ia menyarankan para mahasiswa agar terus menambah pengetahuan dan mengikuti perkembangan teknologi.

Menurutnya, skill dalam dunia kerja tidak terbatas hanya dari jurusan tertentu saja. Asalkan memiliki kemauan untuk belajar hal baru maka bukan tidak mungkin kita bisa mewujudkan impian. Sebagai gambarannya adalah jika seseorang dari jurusan matematika belajar tentang cara berpikir menggunakan akumulasi, maka di dunia kerja nanti dapat menggunakan pola pikir yang akumulatif dan berdasarkan perhitungan yang tepat. 

Ia juga menyarankan agar mahasiswa mengetahui kekurangan yang dimiliki. Dengan menyadari kekurangan kita lebih mudah berimprovisasi sehingga menjadi lebih baik serta berkeahlian seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Menentukan target juga merupakan salah satu hal yang sangat penting jika kita akan menekuni dunia industri teknologi. Dengan menentukan target tersebut akan memudahkan kita dalam mencapai langkah demi langkah untuk mendapatkan pekerjaan di industri teknologi yang kita minati. 

Pada akhir sesi, Kiptya Nur Astari memberikan pernyataan menarik. “Jika belum berhasil dengan pengetahuan saat ini, maka tambah lagi pengetahuan lain. Terus lakukan improvisasi dan menambah skill dan pengetahuan agar setiap perusahaan yang kita lamar dapat menerima kita. Jangan pernah berhenti belajar agar tidak menjadi seseorang yang tertinggal di saat globalisasi dan perkembangan teknologi semakin maju”, tutupnya. (JR/ESP)