,

UII Tuan Rumah POR Bapomi DIY 2021

Pekan Olahraga (POR) Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) D.I. Yogyakarta 2021 cabang olahraga bola voli resmi digelar. Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi tuan rumah dalam turnamen yang diikuti 16 tim putra dan 9 tim putri dari berbagai kampus di D.I. Yogyakarta ini. Pembukaan diselenggarakan secara hybrid pada Senin (29/11) di Gedung Olahraga (GOR) Ki Bagoes Hadikoesoemo Kampus Terpadu UII.

Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) D.I. Yogyakarta, Ir. Pramana turut hadir  dalam sesi pembukan. Dalam sambutannya ia mengungkapkan rasa bangganya karena event ini dapat kembali diselenggarakan. Selain itu, hal ini menurutnya juga sebagai langkah kecil untuk mencari bibit unggul dari setiap institusi. “Harapannya dapat menuai atlet yang berkompeten, khususnya dari cabang olahraga bola voli,” tuturnya.

Hal senada dikemukakan Direktur Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII, Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng. “Siapatahu dari event ini dapat menjadi langkah bagi teman-teman semua untuk dapat melantunkan Indonesia Raya di event bergengsi lainnya,” ujarnya. Beni Suranto mengungkapkan rasa bangga dan senang karena UII dapat kembali menjadi tuan rumah POR BAPOMI.

Dalam kesempatannya, Beni Suranto mengungkapkan rasa prihatin terhadap keberlangsungan dunia olahraga. Menurutnya, adanya pandemi dunia olahraga mau tidak mau harus mati suri sementara. “Dua tahun kita dihantam pandemi, cabang olahraga juga terdampak. Teman-teman atlet sampai kehilangan media,” ungkapnya.

Untuk itu, dengan diadakannya ajang ini Beni Suranto berharap atlet mahasiswa yang berkompetisi dapat menikmatinya. “Ini adalah kesempatan untuk teman-teman semua melatih kompetensi, softskill misalnya. Dalam tim tentu harus ada komunikasi yang senantiasa dibangun dan dijaga. Harapannya teman-teman tentu dapat menjadi patriot olahraga,” tandasnya.

Lebih lanjut disampaikan Beni Suranto, dalam pertandingan olahraga kemenangan tentu menjadi satu hal penting bagi setiap tim yang bertanding. Berkaitan hal ini, ia mengungkapkan bahwa pertandingan olahraga tidak hanya sebatas kemenangan. “Yang lebih penting lagi adalah nilai-nilai positif dalam dunia olahraga yaitu sportivitas, daya juang, dan kedisiplinan. Itu mungkin yang teman-teman mahasiswa harus utamakan. Kita harapkan betul dapat menjaganya,” tegasnya.

Beni melanjutkan bahwa pihak kampus juga menjamin fasilitas dari teman-teman yang tidak dapat bertandang langsung ke GOR UII. “Ada live streaming juga karena berkaitan dengan protokol kesehatan yang harus ditegakkan,” tutupnya. (KH/RS)