,

UII Website Appreciation 2021 Apresiasi Antusiasme Peserta

Bidang Humas Universitas Islam Indonesia menggelar ajang apresiasi kepada para pengelola website di lingkungan UII. Ajang yang dikemas dalam event UII Website Appreciation itu digelar untuk melihat perkembangan pengelolaan situs web di lingkungan UII. Selama pandemi, informasi sangat tergantung pada kanal-kanal daring. Situs web merupakan salah satu rujukan yang digunakan oleh publik termasuk juga keluarga besar UII untuk melihat perkembangan dari sebuah unit, mulai dari Fakultas, Jurusan/Prodi, Unit layanan, dan Pusat Studi di lingkungan UII.

Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, Ph.D dalam acara Virtual Awarding UII Website Appreciation 2021 pada Kamis (21/10) mengatakan, “Kita berharap bahwa ikhtiar untuk memutakhirkan informasi, membuatnya lebih menarik, menjadikan orang berkunjung lebih lama, dan lainnya tidak hanya dicatat sebagai ikhtiar menjalankan tugas bersifat teknikal, tetapi juga ada unsur-unsur yang non teknikal”. 

Ia meyakini dalam memberikan informasi yang baik itu akan menjadi basis dalam pengambilan keputusan orang lain untuk banyak hal, misalnya dalam memilih prodi, menemukan mitra, menemukan profil, dan lainnya. “Sehingga keberadaan dari situs web ini tidak sebatas menjadi etalase yang hanya indah dilihat, nyaman dipandang, tetapi juga sebagai pintu untuk menebar banyak manfaat untuk menjalin kerja sama,” lanjutnya.

Di samping itu, Prof. Fathul juga berterima kasih kepada semua pengelola situs web di lingkungan UII sembari berharap agar dapat saling belajar dan apapun hasilnya bisa diterima dengan lapang dada. “Mudah-mudahan jangan dilihat apresiasinya dalam bentuk nominal yang mungkin tidak seberapa, tetapi bisa dilihat niat baik dibelakang itu semuanya,” imbuhnya. 

Senada, Kepala Bidang Humas UII, Ratna Permata Sari, S.I.Kom., MA. menjelaskan apresiasi diberikan kepada peserta atas keikutsertaannya dalam mempertahankan citra positif universitas. Dasar penilaian dilakukan berdasarkan perbaikan atau pembaruan dan aktivitas yang dilakukan selama masa penilaian. Masa penilaian dilakukan dari 16 Agustus hingga 6 Oktober 2021. Penghargaan diberikan ke 36 dari 49 website yang telah mendaftar UWA 2021.

Ia menambahkan reward terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori A, kategori B, dan kategori C. Kategori A merupakan website yang memiliki semua elemen dari setiap aspek penilaian, konten pada website update (slider, berita, agenda/pengumuman), serta desain website yang bagus dan menarik. 

Kategori B merupakan website yang cukup update (slider, berita, agenda/pengumuman), serta desain website yang cukup menarik. Kategori C merupakan website hanya beberapa yang update (slider, berita, agenda/pengumuman), serta desain website yang kurang menarik.

Website yang tergolong dalam Kategori B diraih website unit fakultas, yaitu Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI), dan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE). Website unit jurusan/program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pada website unit layanan, yakni Badan Sistem Informasi, Direktorat Pengembangan Akademik, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dan Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam.

Kategori penilaian terakhir pada kategori A, yakni website unit fakultas & jurusan/ program studi antara lain, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Hukum (FH), dan Jurusan Informatika.

Ia berharap acara ini dapat menjadi inspirasi dan evaluasi untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas pada website unit masing-masing. Bidang Humas UII juga membuka layanan konsultasi desain dan konten website untuk meningkatkan performa dan tampilan. (MD/ESP)