UII Raih Penghargaan Setara Perak dan Favorit di Pimnas 2021

PIMNAS

Universitas Islam Indonesia (UII) mencatatkan prestasi di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021 yang dihelat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada penyelenggaraan kali ini, delegasi UII meraih penghargaan setara perak dan dua penghargaan favorit.

Direktur Pembinaan Kemahasiswaan Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng. mengemukakan, penghargaan perak di peroleh tim mahasiswa UII melalui karya berjudul Inovasi Kursi Roda Fleksibel Berbasis Sistem Cerdas Autonomous Menggunakan Smartphone untuk Disabilitas dan Lanjut Usia, pada kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta.

Sementara 2 penghargaan favorit yang mendapat apresiasi yakni Alat Ekstruder Solusi Pengolah Sampah Filamen PLA Menjadi Produk Recycle Filamen pada kategori PKM Karya Inovatif, dan dari kategori PKM Riset Eksakta dengan judul Teknologi Penanganan Limbah Laboratorium dengan Modifikasi Elektroflotasi Absorbsi Natural Fiber Berbasis Serat Kelapa dan Nanas.

Dengan diraihnya 1 medali setara perak dan 2 penghargaan favorit, tahun ini UII menempati posisi 3 untuk PTS dan 26 secara umum. “Capaian diatas merupakan hal yang membanggakan dan bisa dijadikan pelecut semangat mahasiswa untuk terus berkarya dan berinovasi,” tutur Beni Suranto saat dikonfirmasi pada Jumat (12/11).

Beni Suranto menjelaskan PIMNAS ke-34 mengangkat tema Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal”. Lebih dari 700 judul karya ilmiah dipresentasikan oleh 126 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. Pimnas ke-34 diselenggarakan secara daring oleh Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tuan rumah. Ia berpesan agar PKM UII terus berjaya dan berharap untuk delegasi 2022 nantinya akan lebih banyak yang lolos, dengan mempersiapkannya lebih awal lagi.

Lebih lanjut Beni Suratno mengemukakan, prestasi delegasi Pimnas UII merupakan hasil kerja bersama yang patut diapresiasi. Hasil yang diraih merupakan kerja bersama antara mahasiswa, dosen pendamping, dosen pembina, dan dukungan dari departemen, fakultas, pengelola laboratorium, universitas dan banyak pihak lainnya yang telah mendukung delegasi UII di Pimnas 2021.

“Tahun ini terdapat 89 proposal yang didanai dan 14 tim yang lolos ke PIMNAS. Harapannya tahun depan akan lebih banyak delegasi dari UII. Salah satu bentuk apresiasi atas prestasi yang diperoleh, diberikan insentif baik kepada mahasiswa maupun dosen pembimbing. (UAH/RS)