FMIPA UII Gelar Studium Generale dan Temu Orang Tua Mahasiswa

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Studium Generale mahasiswa baru T.A 2021/2022 melalui media Zoom Meeting pada Sabtu (25/9). Acara yang menghadirkan Ir. Suharti, M.A., Ph.D. selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi segenap keluarga besar staf akademik FMIPA UII dengan para orang tua/wali mahasiswa baru. 

Dekan FMIPA UII, Prof. Riyanto, M.Si., Ph.D. dalam sambutannya menyebut bahwa Studium Generale bertujuan memberikan motivasi dan bimbingan mahasiswa baru agar tetap semangat belajar daring meskipun masih dalam kondisi pandemi. “Harapannya mahasiswa baru bisa mengambil contoh dan motivasi dari penyampaian pemateri di masa pandemi semacam ini agar mampu mewujudkan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dari Mas Nadiem”, terangnya. 

Menyambung hal tersebut, Ir. Suharti, M.A., Ph.D. juga memberikan wejangan kepada mahasiswa baru agar terus bersyukur karena telah berhasil terlibat sebagai bagian dari pembangunan bangsa dengan memutuskan untuk menjadi pembelajar di studi tingkat universitas. 

“Hanya 25% saja penduduk Indonesia di rentang usia 19-24 tahun yang mampu dan mau melanjutkan pendidikan tinggi. Jadi ini adalah hal terbaik yang bisa adik-adik peroleh dan perjuangkan”, tandasnya. 

Bersinggungan dengan itu, Suharti kemudian menjelaskan mengenai tantangan dan arah pendidikan Indonesia yang saat ini sedang diupayakan Kementerian di tengah perubahan teknologi, sosial, dan lingkungan yang sedang terjadi secara global. Pandemi virus Covid-19 tentunya memaksa perubahan struktural di banyak hal seperti pembelajaran jarak jauh yang menuntut percepatan akses digital di tengah tekanan finansial institusi pendidikan. 

Untuk itu, Suharti menjelaskan perlunya penyesuaian SDM yang unggul dan dibutuhkan di masa depan agar bonus demografi yang akan terjadi beberapa tahun ke depan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Tantangan tersebut coba dijawab oleh Kementerian dengan mengusung rangkaian program Merdeka Belajar sebagai komponen dan strategi transformasi pendidikan yang komprehensif.  

Selanjutnya, Studium Generale beralih pada ramah-tamah dan pengenalan pelayanan struktural dan fungsional akademik FMIPA UII kepada para orang tua/wali mahasiswa baru. Beberapa yang diperkenalkan pada acara tersebut adalah Divisi Administrasi Akademik, Divisi Teknologi Informasi, Divisi Administrasi Umum dan Rumah Tangga, dan Divisi Keuangan. FMIPA UII sendiri berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan maksimal dalam pemenuhan kebutuhan akademik dan potensi mahasiswa. 

Studium Generale kemudian diakhiri dengan penyerahan simbolik mahasiswa baru FMIPA UII Tahun Ajaran 2021/2022 yang diwakili oleh M. Zainurdinoor, M.Pd. kepada Prof. Riyanto, M.Si., Ph.D. selaku Dekan FMIPA UII. “Kami menitipkan putra-putri kebanggaan kami kepada para dosen di FMIPA UII agar mampu menemukan kebiasaan dan kebudayaan baru bersama teman lain dari seluruh penjuru negeri. Semoga nantinya putra-putri kami mampu menjadi akademisi yang senantiasa berpikir dan bertakwa” terang Zainur dalam sambutannya. (IAA/ESP)