Alumni FMIPA UII Bagikan Pengalaman dalam Meniti Karier

Mindset

Para alumni dari berbagai jurusan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UII) kembali “pulang ke kampus” untuk membagikan insight menarik mereka mengenai peluang kerja di tengah pandemi kepada adik-adik mahasiswa. Acara virtual bertajuk “Harmoni Bersama Alumni” itu diselenggarakan oleh FMIPA UII pada Sabtu (23/10) guna terus menguatkan tali silaturahmi antara kampus dengan para alumni yang sedang meniti karier seusai merengkuh gelar di UII.

Thorikul Huda, S.Si., M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UII pada sambutannya menyebut peran alumni sangat berpengaruh untuk universitas sebagai bagian dari jembatan informasi antara dunia akademik dengan dunia kerja. “Terobosan acara semacam ini kemudian menjadi penting dan harapannya bisa rutin dilakukan karena dunia karier para alumni memang harus banyak diketahui oleh para mahasiswa di FMIPA UII ini,” terangnya.

Narasumber pertama pada kesempatan pagi hari itu adalah Annisa Wulandari, A.Md. yang kini sedang bekerja sebagai Tester Laboratory di PT. Pertamina Gas OSSA. Alumni D3 Analisis Kimia angkatan 2014 init pada pemaparannya menekankan beberapa hal yang harus dipersiapkan mahasiswa setelah melewati masa kelulusan.

Hal-hal tersebut adalah berkaitan mengenai persiapan mental, pengetahuan tentang minat kerja, hingga melatih berbagai tipe soal demi kelancaran pada saat menjalani proses recruitment. Annisa juga menyebut bahwa lulusan dari analisis kimia merupakan program studi yang banyak dibutuhkan oleh lapangan industri. “Analis kimia bisa masuk di berbagai sektor mulai dari Food and Beverage, kosmetik, pertambangan dan masih sangat banyak lagi,” terangnya.

Narasumber selanjutnya adalah Reza Aditya Pratama, S.Stat yang merupakan alumni Statistika angkatan 2011. Reza yang saat ini bekerja sebagai Digital Human Capital Bussiness Partner di PT. Telekomunikasi Indonesia memaparkan mengenai pentingnya maha data pada masa pandemi Covid-19. Ekosistem Industri yang berubah pada masa pandemi tentunya menuntut pergerakan besar-besaran pada kekuatan data. Reza sendiri mencontohkan mengenai disrupsi yang terjadi pada ragam industri yang memaksa perusahaan mengatur ulang demand dan supply berbasis data dari statistika yang akurat.

Untuk itu, Reza menghimbau kepada para mahasiswa untuk semakin dinamis dan mudah beradaptasi pada perubahan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Ada beberapa kiat yang diberikan Reza pada kesempatan itu, “Pertama banget itu tentukan goals atau niat kamu kuliah, kemudian bikinlah strategi yang bisa dilakukan buat achieve goals kalian, sisanya kita cukup istiqomah, tekun dan jalankan dengan baik semua rencana,” tandasnya.

Narasumber terakhir yang dihadirkan adalah Apt. Faiza Dea Sekarraras, S.Farm yang merupakan alumni Farmasi UII Angkatan 2015. Bekerja sebagai New Product Develpoment di PT Kimia Farma. TBK, Faiza menjelaskan bahwa lulusan farmasi sangat dibutuhkan pada berbagai level industri. Untuk itu Faiza menekankan agar mahasiswa mampu mengasah kemampuan softskill dan hardskill selama menjalani masa studi. Hal ini dirasa penting agar para lulusan mempunyai kapabilitas untuk menunjukkan dirinya layak direkrut sebagai praktisi profesional di dunia kerja.

“Akan tetapi sekalipun kita punya kemampuan mumpuni di softskil, hardskill, maupun organisasi, kita tidak boleh lupakan belajar. Belajar di sini juga bukan hanya istilah akademis, tetapi juga menghargai pendapat, menjaga etika, dan saling mendukung satu sama lainnya,” terang Faiza. (IAA/RS)