CILACS UII Jalin Kerjasama dengan Fakultas Biologi UNSOED

Pusat Bahasa Internasional dan Kajian Budaya, Cilacs UII menggandeng Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah untuk membuka kelas perdana Gelombang 3 TOEFL preparation bagi mahasiswa. Acara itu berlangsung pada Kamis (26/8). Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama ini direncanakan berlangsung hingga gelombang 5 pada akhir tahun 2021 ini. 

Kepala Cilacs UII, Lizda Iswari, S.T, M.Sc mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya peningkatan kompetensi bahasa Inggris yang dilakukan Fakultas Biologi UNSOED. Dukungan ini ditunjukkan lewat penyediaan metode dan pembelajaran yang telah menghasilkan capaian menggembirakan. Lizda juga berpesan bahwa belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, terlebih jika ada kesempatan ketika ada pihak yang memfasilitasi dari segi biaya, tentu jangan sampai disia-siakan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Biologi UNSOED, Dr. Dwi Nugroho Wibowo, M.S, mengapresiasi Cilacs UII yang telah mampu menjalankan kerjasama ini dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan hasil tes TOEFL resmi kelas gelombang 1, sejak pre-test, mid-test, post-test yang dilanjutkan dengan TOEFL ITP ® Online Remote Proctoring yang dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2021 lalu. Hasil yang didapatkan yaitu  80% peserta mendapatkan skor diatas 500 bahkan tercatat ada 2 orang yang mendapatkan skor diatas 600. Hasil tersebut membuktikan bahwa program berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Bagian kerjasama Cilacs UII, Nanang Joko Susilo menambahkan Gelombang 3 TOEFL preparation berlangsung secara online dihadiri oleh 20 mahasiswa berbagai angkatan. Kerjasama kedua institusi telah berlangsung sejak bulan Juni 2021 untuk kelas pertama sebanyak 20 orang mahasiswa. Kemudian disusul pada bulan Juli 2021 dibuka kembali kelas untuk gelombang ke 2 untuk program yang sama. 

Dalam kesempatan itu turut hadir, Prof. Dr.rer.nat. Imam Widhiono MZ, M.S. (Penanggung jawab PK-KM Fakultas Biologi), Drs. Sukarsa, M.Si. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), Tim Pelatihan Bahasa Asing Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman. Dari pihak Cilacs UII antara lain, Aldhika Deinza, S.Pd., M.M (Kadep. Litbang), Defi Trisnawati, S.Pd., M.Pd. (Staf Litbang), Aditya Suci, S.Pt (Kadep. Marketing), Yusuf Cahyo ,M.Pd (pengajar). (Ank/ESP)