ABRA V, Ajang Apresiasi Karya Mahasiswa Arsitektur UII

Program Studi (prodi) Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII menyelenggarakan Architectural Blue Ribbon Awards (ABRA) V pada Kamis (25/2). Acara yang mengusung tema Places for Movement ini digelar guna memberikan apresiasi pada karya-karya mahasiswa. Agenda tahunan prodi Arsitektur tersebut dikemas dalam sebuah ajang penghargaan dengan mengedepankan konsep otentik, penjabaran desain secara runtut, dan bentuk produk desain yang detail.

Ketua prodi Arsitektur UII, Dr. Yulianto P. Prihatmaji, M.T., IAI,IPM, menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah yang telah menghasilkan karya-karya luar biasa pada ABRA V. Suasana pandemi dan jadwal perkuliahan semester ganjil yang harus diundur 4 minggu ternyata tidak menghalangi semangat berkarya. “Arsitektur UII punya dua acara besar yaitu SAKAPARI dan ABRA yang bertujuan sebagai ladang apresiasi karya terbaik dari masing-masing kelas.” Ujarnya.

Penilaian dilakukan dengan mengumpulkan 1 karya terbaik yang dibuat mahasiswa dari semua kelas paralel. Selanjutnya dibagi menjadi beberapa kategori seperti Design Studio, Architectural Design Studio, dan Studio Akhir Desain Arsitektur. Mahasiswa terbaik dari masing-masing kelas paralel diwajibkan untuk mengirimkan video presentasi kepada para penilai. Dalam video tersebut peserta berkesempatan mempresentasikan hasil karya yang telah dibuat dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris berdasarkan program kelas yang diikuti, regular ataupun International Program.

Tiga karya terbaik yang terpilih dari masing-masing kategori berhak menampilkan video presentasi di babak penilaian final dan mendapatkan penilaian dari para dewan juri. Pada ABRA V terdapat tiga orang dewan juri, yakni Dani Hermawan, S.T, M.Arch yang memberikan penilaian pada kategori Design Studio, Daliana Suryawinata, B.Sc., M.Arch, IAI sebagai juri pada kategori Architecture Design Studio, dan Ir. Jatmika Adi Suryabrata, M.Sc., Ph.D. IAI, GP pada kategori Studio Akhir Desain Arsitektur.

Selain memberikan penilaian, para dewan juri juga memberikan review dan saran untuk para peserta yang dilanjutkan dengan pemilihan satu karya terbaik sebagai pemenang masing-masing kategori dalam ABRA V tahun 2021.

ABRA sendiri merupakan sebuah event tahunan prodi Arsitektur UII yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012. Acara ini diharapkan dapat memotivasi segenap sivitas akademika baik dosen, asisten maupun mahasiswa dalam menciptakan berbagai inovasi baru yang bermanfaat untuk masyarakat luas. ABRA mengusung prinsip kondusif, kompetitif, dan kolaboratif untuk membantu mahasiswa menciptakan karya-karya terbaiknya. (AP/ESP)