Ustadz Sulaiman Rasyid Ungkap Kriteria dalam Mencari Pasangan

Ustad Sulaiman Rasyid mengungkapkan terdapat hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin mencari pasangan, terutama yang sesuai dengan syariat Islam. Baik dari segi akhlaknya, keturunannya dan juga amal ibadahnya. Hal tersebut disampaikan Ustad Sulaiman Rasyid saat menjadi narasumber Kuliah Online Pra Nikah melalui aplikasi zoom meeting pada Sabtu (13/2).

Kajian perdana yang diselenggarakan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Kodisia UII tersebut dilaksanakan guna memberikan wawasan yang lebih luas terkait problematika dan rambu rambu mengenai pernikahan, khususnya bagi kalangan pemuda yang sudah siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan.

“Pertama yang harus diperhatikan adalah cari calon yang baik agamanya, baik akhlak dan tutur katanya, kemudian cari yang selevel dengan diri kita, jangan terlampau jauh. Karena nanti takutnya bisa menjadi bentrok di rumah tangga. Yang terakhir cari calon yang enak dipandang,” ungkap Ustad Sulaiman Rasyid saat menerangkan materi.

Selain itu Ustad Sulaiman Rasyid juga menekankan, di era modern seperti saat ini dalam mencari pasangan harus selektif dan berhati hati, hal itu dimaksudkan agar ketika sudah berumah tangga tidak banyak terjadi pertikaian sehingga menjadikan rumah tangga kurang harmonis.

“Bagi muslimah hendaklah mecari pasangan yang mampu memberikan nafkah. Sedangkan Untuk ikhwan, carilah istri yang bersedia taat kepada suami. Banyak wanita yang gagal mentaati suaminya. Kemudian wanita yang menjaga aurat, bukan wanita yang mengumbar auratnya, lalu pilihlah wanita gadis. Tidak ada larangan mencari yang janda, tapi prioritaskan yang gadis,” ujarnya.

Ustad Sulaiman Rasyid menambahkan, konsep ta’aruf di era saat ini banyak disalahartikan, banyak orang yang melakukan ta’aruf tapi mendekati hal hal yang berbau zina. “Ada beberapa kasus misal, mereka sudah lamaran, tetapi belum resmi sah menikah, nah ini ada kasusnya ikhwan dan akhwat keluar rumah diam-diam, ini salah satu tipu muslihat setan dalam menjerumuskan umat manusia,” ungkapnya.

Di akhir sesi, Ustad Sulaiman Rasyid memberikan penjelasan kepada akhwat untuk tidak mudah terpancing dengan pria yang baik dari satu sisi saja. “Yang dimaksud agama itu ilmu, amal dan akhlaknya. Akhlak itu yang paling utama. Bagus agama itu bukan hanya hafal 30 juz, good looking. Terkadang akhwat itu melihat hanya satu hal saja. Jangan hanya karena satu hal, semua hal dianggap baik,” tandasnya. (AMG/RS)