,

PESTA UII: Sambut Generasi Insan Ulil Albab

Mahasiswa FIAI Sabet Juara 1 Artikel Ilmiah Nasional

Pesona Ta’aruf Universitas Islam Indonesia (PESTA UII) tahun 2020 secara resmi dimulai. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru dan mengenalkan lingkungan kampus serta aspek-aspek penting yang ada di UII. PESTA 2020 mengusung tema Mahasiswa UII Generasi Insan Ulil Albab Sebagai Pondasi Pembangunan Tatanan Baru. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, kali ini Orientasi mahasiswa baru dilaksanakan secara daring. Rangkaian kegiatan orientasi dijadwalkan berlangsung selama lima hari, yakni 9-13 September 2020.

Rektor UII Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D dalam sambutannya, Rabu (9/9), memberikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa baru UII sebagai generasi insan ulil albab. “Selamat bergabung menjadi keluarga besar Universitas Islam Indonesia, yang kelahirannya dibidani oleh para pendiri bangsa. Meski belum bisa bertemu tatap muka karena pandemi, kita harus tetap merajut silaturahmi dan saling menyemangati,” tuturnya.

Motivasi juga disampaikan Wakil Rektor Bidang pengembangan Akademik dan Riset UII, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng., Sc. Menurutnya para mahasiswa baru UII merupakan manusia pilihan. “Sampai hari ini tidak lebih dari sepertiga anak bangsa yang beruntung, dapat mengenyam pendidikan tinggi seperti saudara. Saudara adalah calon pemimpin masa depan, itulah tujuan pendidikan UII, kami berharap itu juga mimpi besar saudara,” paparnya.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni UII, Dr. Drs. Rohidin, SH., M.Ag. Ia memberikan motivasi kepada 5830 mahasiswa baru UII untuk terus bersemangat dalam mengejar mimpi meraih kesuksesan di masa depan. “Jangan biarkan mimpi saudara menjadi kabur, kejarlah terus pantang mundur, mimpi bukan sesuatu yang kita lihat ketika tidur, mimpilah yang justru membuat kita tidak bisa tidur,” pesannya.

Gurbenur D.I. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris daerah D.I. Yogyakarta, Drs. Kadarmantan Baskara Aji menyampaikan ucapan selamat datang di Yogyakarta kepada segenap mahasiswa baru UII.

“Atas nama pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan masyarakat, saya mengucapkan selamat datang di Yogyakarta. Kepada seluruh saudara-saudara mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia semoga suasana kota Yogyakarta yang hangat bersahabat dan sangat kental dengan atmosfer pendidikannya, dapat membuat kalian nyaman dan betah selama menuntut ilmu disini,” tuturnya.

Baskara Aji mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beraneka ragam, suku, etnis, bahasa, ras dan agama. Ia berpesan untuk saling berbaur dan mendukung dalam menjaga stabilitas kehidupan, terlebih lagi tidak ada satu negara di dunia ini yang memiliki banyak keragaman budaya selain Indonesia. Selain itu, Ia berharap para mahasiswa mampu menjadi jendela Indonesia bagi masyarakat Yogyakarta dalam mengenalkan adat istiadat dan kekayan tradisi dari daerahnya masing-masing.

“Pemahaman ini diperlukan agar mahasiswa, memiliki kesadaran dan menumbuhkan sikap, prilaku yang menghormati dan menghargai kondisi masyarakat yang beragam dimana para mahasiswa tinggal dan menuntut ilmu,” terang Baskara Aji.

Selain itu, atas nama Gurbenur D.I. Yogyakarta, ia juga mengingatkan kembali bahwa dalam pandemi ini terdapat hikmah yang dipetik yaitu menyadarkan kepada kita semua akan pentingnya mentaati seruan pemerintah yang berkaitan dengan protokol kesehatan. Penularan virus corona yang begitu masif memaksa setiap individu untuk menjaga diri dengan menjalankan protokol kesehatan seperti penjagaan jarak fisik (social distancing) dan menjaga kebersihan.

“Seruan tersebut menyadarkan kepada kita pentingnya penyelesaian masalah pandemi ini secara tuntas, jika kita semua mengikuti arahan tersebut, kita jadikan momentum kegiatan ini untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan keuletan dan ketangguhan kita untuk melangkah dengan percaya diri dalam menghadapi tantangan,” tuturnya. (HA/RS)