FOKI dan BIOHUKI FK UII Adakan Seminar Daring Internasional

covid-19

Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) menjadi wabah pandemi di seluruh dunia dengan lebih dari dua juta kasus positif dan korban jiwa hingga 165.310 jiwa. Atas keprihatinan ini, Forum Kedokteran Islam Indonesia (FOKI) dan Pusat Studi Bioetik dan Hukum Kedokteran Islam (BIOHUKI) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) mengadakan seminar daring internasional.

Seminar bertema “Covid-19; from Biomolecular to Bioethics” itu diadakan pada Jumat (7/4) pukul 07:00-10:00. Seminar ini juga didukung oleh Pertubuhan Amal Perubatan Ibnu Sina Malaysia (PAPISMA) dan Scientific Medical Activity of Research and Technology (SMART) FK UII.

Seminar yang digelar lewat aplikasi Zoom ini menghadirkan empat pembicara yang semuanya memberikan presentasinya dari luar negeri (red; Indonesia). Pembicara pertama adalah Associate Prof. Dr. Teguh Haryo Sasongko, Ph.D dari Perdana University Malaysia. Prof. Teguh membawakan materi terkait “biomolecular aspect of Covid-19; natural or manipulation”.

Pembicara kedua berasal dari University Health Science (UHS) Lahore Pakistan, sesi ini dibawakan oleh Prof. Dr. Nadeem Afzal, MBBS,MSc, Ph.D mengenai immune response on Covid-19. Pembicara ke-3 yaitu Dr. Rohimah Mohamud, Ph.D dari Universiti Sains Malaysia mengenai Vaccine Development on Covid-19.

Sesi terakhir diisi oleh dosen FK UII dan founder BIOHUKI UII yang kini tengah menempuh studi S3 di Mahidol University, dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc. Ia membawakan materi Covid-19 dari aspek bioetika kedokteran. Moderator seminar juga merupakan dokter alumni FK UII, dr. Faisal Ridho Sakti.

Seminar yang dihadiri berbagai lini profesi kesehatan dari berbagai daerah di Indonesia menyedot cukup animo peserta. Antusias peserta begitu tinggi dibuktikan dengan kehadiran peserta seminar online hingga mencapai 90 peserta lebih sampai akhir sesi acara ini berakhir.

“Terimakasih kepada para pembicara yang sudah meluangkan waktunya untuk berbagi disini. Tak terkecuali BIOHUKI FK UII sebagai inisiator dan PAPISMA yang telah menghadirkan pembicara-pembicara hebat. Di tengah pandemi ini bisa hadir pakar-pakar hebat yang akan membagikan ilmunya dan bisa mencerahkan masyarakat. Semoga acara ini bisa bermanfaat bagi kita semua”, ungkap ketua FOKI dr. Iwang Yusuf, M.Sc yang mewakili sambutan dekan FK UII.