Pesantrenisasi 2 Pra KKN UII Diselenggarakan Secara Daring

Menyikapi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas, aktivitas Pesantrenisasi 2 Pra Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia (KKN UII) pun diselenggarakan secara daring. Hal ini mengacu pada surat Edaran Direktur No. 145/Dir/10/DPPAI/2020 sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Rektor No. 1050/Rek/10/SP/III/2020 tentang Kerja dari Rumah untuk Mitigasi Penyebaran Covid-19.

Kepala Divisi Pendidikan & Dakwah Direktorat Pembinaan dan Pendidikan Agama Islam (DPPAI) UII, Junaidi Safitri., S.E.I., M.E.I. saat dikonfirmasi Bidang Humas UII, Senin (30/3), menuturkan, DPPAI mengambil kebijakan bahwa seluruh pembinaan keagamaan mahaiswa UII diselenggarakan secara daring. Antara lain Ujian BTAQ Regular, Pelatihan Diri Qur’ani (PDQ/Ta’lim), dan Pesantrenisasi 2 Pra KKN.

Dijelaskan Junaidi Safitri, adapun langkah–langkah yang dilakukan dalam menyelenggarakan pesantrenisasi 2 Pra KKN mencakup penetuan peserta Pra KKN, membuat kelompok, melihat materi secara daring, dan berikutnya nilai Pra KKN keluar.

Pada tahapan melihat materi secara daring, peserta antara lain diarahkan untuk melihat materi di cannel Youtube DPPAI. Video pesantrenisasi 2 Pra KKN yang di upload ke youtube sebanyak 7 materi, dimana mahasiswa diminta untuk melihat dan mempelajari materi secara mandiri.

Junaidi Safitri menegaskan, untuk mengikuti pesantrenisasi 2 Pra KKN beberapa hal perlu dipersiapkan oleh mahasiswa. Seperti di antaranya mahasiswa perlu mengatur waktu dan jadwal antara kuliah online dan pesantrenisasi 2 Pra KKN online, jaringan yang baik dan Kuota internet yang full, memastikan email UII tidak bermasalah, dan stay tune in dan komunikatif dengan musyrif.

Ia berharap peserta dapat mengikuti proses pesantrenisasi 2 Pra KKN secara daring ini secara menyeluruh. “Apabila ada kendala dan masalah jangan sungkan-sungkan untuk bertanya ke ‘TANYA_DPPAI’ yang nomor kontaknya sudah tertera di poster publikasi. Seluruh peserta lulus semuanya dan bisa mengikuti KKN sampai tuntas,” terangnya. (RS)

 

Informasi lebih lanjut tentang Pesantrenisasi 2 Pra KKN UII  dapat dilihat disini