,

Learning Center UII Hadirkan Pengalaman Belajar Interaktif Bagi Mahasiswa

Universitas Islam Indonesia (UII) meresmikan UII Learning Center pada Jumat (28/2) di Ruang Audiovisual Perpustakaan Pusat UII. Acara bertajuk “Launching UII Learning Center and Student Service Talkshow” ini dihadiri oleh Megan Mcintosh dari Arts Teaching Innovation University of Melbourne, Australia. Di awal acara, Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A. selaku Direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional serta Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., memberikan sambutan.

Dalam sambutannya Fathul Wahid menegaskan pentingnya kedalaman dan keluasan keahlian. Mahasiswa tidak hanya harus menguasai bidang keilmuannya, tetapi juga mempunyai keluasan. Hal inilah yang berusaha didorong oleh UII dengan menghadirkan Learning Center bagi mahasiswa.

“UII Learning Center ingin meningkatkan kapasitas mahasiswa. Mempersiapkan diri untuk lebih pandai, lebih cakap, mendapatkan yang terbaik dari semua proses yang ada. Misalnya terkait dengan menulis, berpikir kritis, berkomunikasi, dan yang lain-lain,” ucapnya.

Dian Sari Utami lebih menekankan, “Di Learning Center ini tidak hanya terkait skill akademik yang sesuai dengan keilmuan masing-masing mahasiswa ataupun yang ditawarkan di Program Studi, tetapi harapannya kita sudah bisa membangun pengetahuan yang utuh.”

Hadirkan Aneka Pembelajaran Interaktif

UII Learning Center sendiri menyediakan berbagai layanan pembelajaran yang interaktif, seperti di antaranya proofreading (evaluasi tulisan), beragam workshop, serta bertemu tutor. Mahasiswa pun dapat mengajukan permintaan mengenai workshop yang diinginkannya dengan mengisi form online yang tersedia. Semua layanan ini diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa, baik pada tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Proofreading merupakan layanan yang membantu mahasiswa dalam mengevaluasi tulisannya. Dengan mengunggah draft hasil tulisan melalui website learning.uii.ac.id, mahasiswa akan menerima umpan balik berupa koreksi terkait tata bahasa, ejaan, format, pilihan kata, struktur kalimat, gaya, konsistensi, dan lainnya.

Layanan lain, yakni bertemu tutor, membantu mahasiswa dalam mengatasi segala permasalahan yang dihadapi terkait akademik dan dunia perkuliahan. Mereka yang ingin berkonsultasi dapat membuat janji pertemuan melalui website ataupun langsung mendatangi UII Learning Center apabila memilih quick session.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc., Wakil Rektor Bidang Networking & Kewirausahaan, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D., serta Ketua Program Studi yang ada di UII. Hadir pula Koordinator UII Learning Center, Riefki Fajar Ganda Wiguna, yang juga menjadi pembawa acara dalam talkshow bersama Megan Mcintosh setelah peresmian berlangsung.

Seusai acara, mereka yang hadir diajak mengunjungi ruang UII Learning Center yang terletak di sayap selatan Lantai 1 Perpustakaan Pusat UII.