39 Dokter Muda UII Internship di Kebumen dan Wonosari

Sebanyak 39 dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) mengikrarkan janji sebelum menjalani masa internship di RSUD Kebumen dan RSUD Wonosari. Pembacaan ikrar ini berlangsung di Auditorium K.H. Abdul Kahar Muzakkir, Kampus Terpadu UII, pada Senin (18/11).

Acara janji dokter muda turut dihadiri oleh Rektor UII Fathul Wahid , S.T., M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Fakultas Kedokteran UII, dr. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp. PD., dan Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr. Soedirman Kebumen, dr. Sri Fatmahwati.

Erlina Marfianti dalam sambutannya menekankan konsistensi para calon dokter selama 2 tahun penugasan di rumah sakit tanpa mengingkari janji yang telah diucapkan. Menurutnya selama proses pembelajaran dalam perkuliahan yang menyinggung lebih banyak teori akan berbeda ketika menjadi seorang dokter muda.

Erlina Marfianti menambahkan, koas memberikan kesempatan pada calon dokter untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari selama 4 tahun kepada pasien. Ia mengingatkan bahwa seorang pasien merupakan guru utama bagi seorang dokter. Sehingga komunikasi dan rasa empati pada pasien menjadi sebuah pegangan. Menurutnya dalam menjalasan masa penugasan ini tidak hanya membutuhkan pengetahuan, namun dibutuhkan motivasi belajar mandiri.

Sementara Fathul Wahid dalam sambutannya mengisahkan tentang ilmuan Islam Ibnu Sina. Menurut Fathul, terdapat 4 hal yang dapat diteladani dari seorang Ibnu Sina. Ia merupakan orang yang pandai mendekatkan diri kepada Allah SWT, merupakan orang yang selalu haus dengan ilmu pengetahuan, selalu mempraktikkan ilmunya dengan etika yang baik dan seorang yang pandai bersyukur. (NR/RS)