Mahasiswa UII Raih Prestasi Tafsir Bahasa Arab 30 Juz

Mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Indonesia (UII) menorehkan prestasi di kancah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pada ajang Seleksi Tilawatil Qur’an di kompleks Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, tanggal 5-6 April 2019, Naufal Abdurrahman berhasil meraih juara 2 pada cabang lomba tafsir Bahasa Arab 30 juz.

Disampaikan Naufal Abdurrahman, untuk mengikuti lomba ini dibutuhkan persiapan yang matang dan ketekunan belajar. “Dengan belajar, ilmu akan semakin bertambah. Bertambahnya ilmu maka derajat kita akan dinaikkan pula”, imbuhnya. Hal ini menjadi motivasinya untuk giat memperdalam ilmu sains dan Al-Quran.

Ada tantangan tersendiri baginya sebagai mahasiswa FK untuk terjun dalam kompetisi itu karena jadwal perkuliahan yang sangat padat dan serangkaian kegiatan akademik lainnya. “Kuliah di FK UII mendorong saya harus mencari cara untuk tetap memperdalam agama. Salah satunya, dengan mengikuti lomba ini. Karena yang tadinya ikut lomba pasti terpacu untuk belajar dan terpaksanya itu adalah terpaksa yang baik,” imbuhnya.

Dikatakan Mahasiswa Kedokteran 2016 ini, ia harus pandai-pandai menyeimbangkan dan mengatur waktu belajar yakni dengan memanfaatkan waktu di malam hari yang penuh ketenangan. “Saya berharap dapat lebih mendalami Al-Qur’an karena apabila disadari sampai mati pun ilmu Al-Qur’an masih belum terjangkau seluruhnya”, paparnya. Ia pun bercita-cita menjadi seorang yang ahli Qur’an serta menjadi orang yang dekat dengan Al-Qur’an karena orang yang dekat dengan Al-Quran juga dekat dengan Allah dan bahkan dapat disebut keluarga Allah.

“Semoga ilmu yang didapat menjadi berkah dan bisa bermanfaat untuk seluruh alam. Bermanfaat tidak hanyak untuk diri sendiri juga untuk semua makhluk”, pungkasnya. (DU/ESP)