,

Program Bambooland Sekolah Lurah UII Meraih Hibah Australia Global Alumni

Program Bambooland Sekolah Lurah Universitas Islam Indonesia (UII) meraih hibah Australia Global Alumni melalui skema Alumni Grants Scheme(AGS) 2017. Program Bambooland merupakan salah satu dari 25 proposal yang didanai menyisihkan 267 usulan yang masuk. Tema yang dikembangkan adalah Bambooland Social Enterprise: Maximizing the Role of rural Communities towards Sustainable Economic Creative.


Usulan hibah ini digagas oleh Yulianto P. Prihatmaji sebagai pengelola Sekolah lurah dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi DPPM UII dan diajukan oleh Faruq I. Hadi yang merupakan alumni Jurusan Arsitektur UII dan pengajar di Jurusan Arsitektur Universitas Islam Negeri sunan Ampel Surabaya.

Disampaikan Yulianto P. Prihatmaji pada Senin (3/4), AGS bertujuan memperkuat hubungan Australia-Indonesia dan mendorong alumninya untuk meningkatkan keahlian mereka dalam mempromosikan dan mengimplementasikan ide-ide mereka dalam perubahan kehidupan yang nyata.

Dijelaskan Yulianto P. Prihatmaji, dalam hibah ini selama 6 bulan sejak April 2017 program Bambooland akan dilaksanakan di desa Purwobinangun, Pakem, Sleman dengan kegiatan Bamboo Community Coaching (kerajinan besek, tirai dan konstruksi), Bamboo Fun Games, Bamboo Double Trekking dan Bamboo Ranger dengan keterlibatan penuh masyarakat desa dan pemerintah desa.

Yulianto P. Prihatmaji  menuturkan, program Bambooland merupakan program unggulan kolaboratif antara Sekolah Lurah, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Jurusan Arsitektur UII. Program ini menurutnya berbasis community development hasil dari  kegiatan KKN UII dan village mapping dan master plan dari Sekolah Lurah UII di desa Purwobinangun, Pakem, Sleman. Selain di desa tersebut, program Bambooland juga dikembangkan di desa  Wukirsari, Cangkringan, Sleman dan desa Pagerharjo.

Lebih lanjut jelaskan Yulianto P. Prihatmaji, Bambooland Indonesia merupakan sebuah spirit dan platform pemuliaan tanaman bambu Indonesia dan semesta produk turunannya melalui penguatan dan pendampingan masyarakat bagi pemanfaatannya yang beradab dan lestari. Dalam skala mezzo, Bambooland Indonesia dikejawantahkan dalam Bambooland Merapi yang merupakan aglomerasi budidaya tegakan tanaman dan industri bambu di lereng gunung Merapi yang meliputi kabupaten Sleman, kabupaten Klaten, kabupaten Magelang dan kabupaten Boyolali.

“Dalam program Bambooland Purwobinangun bekerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Margi Tirto Ngepring, Purwobinangun dan akan menggandeng Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Sleman, Asosiasi Bambu Sleman, Rumah Rempah Karya Surakarta,dan Bambubos Yogyakarta,” tandasnya.