,

UII PTS Peringkat I Pendanaan Hibah PKM 2017

UII kembali mengukir prestasi membanggakan di tingkat nasional yaitu meraih peringkat 1 untuk PTS dalam kompetisi hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) V Bidang tahun pendanaan 2017. Sebagaimana diumumkan oleh Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENRISTEKDIKTI RI pada pertengahan bulan Maret 2017 lalu, UII berhasil meloloskan sebanyak 78 Tim peraih dana hibah PKM V BIdang tahun 2017. Capaian ini sekaligus melengkapi prestasi UII sebelumnya yaitu sebagai PTS dengan jumlah proposal PKM V Bidang paling banyak dengan total 950 proposal terunggah ke laman simbelmawa.dikti.go.id

Untuk pendanaan PKM V Bidang tahun 2017, UII meloloskan 42 proposal PKM-Penelitian Eksakta, 6 proposal PKM-Penelitian Sosial Humaniora, 10 proposal PKM-Kewirausahaan, 8 proposal PKM-Pengabdian Masyarakat, 11 proposal PKM-Karsa Cipta, dan 1 proposal PKM-Teknologi. Jika dilihat dari sebaran Fakultas, FMIPA menyumbang kontribusi paling besar dengan 32 proposal, diikuti oleh FTI (18 proposal), FTSP (11 proposal), FK (7 proposal), FPSB (5 proposal), FE (3 proposal), dan FH (2 proposal).

Direktur Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan (DPBMKM) UII yang juga Koordinator Pengelolaan PKM UII Beni Suranto, S.T. M.SoftEng mengutarakan bahwa prestasi ini tidak lepas dari kerja keras dan semangat berprestasi para mahasiswa UII. Universitas juga memberikan dukungan penuh melalui Tim Kemahasiswaan UII dan PKM CORNER UII.

Selain itu Tim Kemahasiswaan di tiap fakultas dan juga para dosen pendamping senantiasa aktif mendorong mahasiswa untuk terus giat mengikuti kegiatan PKM sebagai salah satu kegiatan prioritas dalam pembinaan prestasi mahasiswa di bidang penalaran. Upaya-upaya tersebut sudah membuahkan hasil sejak tahun 2016 lalu yaitu dengan prestasi sebagai PTS yang mengirim delegasi PIMNAS paling banyak (8 Tim) dan meraih 2 medali (1 medali perak dan 1 medali perunggu). Diharapkan untuk tahun 2017 ini UII mampu meningkatkan raihan jumlah medali PIMNAS dengan target yaitu total 4 medali dengan minimal 1 medali emas.