,

UII dan UMSU Sepakat Perluas Kerjasama

Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) bersepakat memperluas kerjasama dalam hal peningkatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Networking & Kewirausahaan UII Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D. dan Wakil Rektor III UMSU, Dr. Rudianto, M.Si. pada Jumat (21/9), di Restoran Bumbu Desa, Yogyakarta.

Belum lama ini UII dan UMSU terlibat dalam penyelenggaraan “Summer Program Scholarship: Exploring The Diversity of Indonesian Coffee From Gayo-Aceh to Merapi-Yogyakarta”. Program P2A ini berlangsung selama 11 hari, yakni 10-21 September 2018 dengan serangkaian acara di Medan, Aceh dan Yogyakarta. Program tersebut diikuti 25 peserta yang berasal dari Vietnam, Thailand, Malaysia, Kamboja, Laos dan Swedia.

Disampaikan Wiryono Raharjo walaupun Summer Program P2A telah selesai dilaksanakan, UII dan UMSU kedepan akan tetap melanjutkan kerjasama dalam berbagai bidang lainnya. Summer Program P2A menjadi program yang sangat unik karena berbicara mengenai kopi.

“Dimulai dari Program inilah UII dan UMSU memutuskan untuk menjalin sebuah kerjasama, tidak hanya dalam satu bidang, namun akan ada kerjasama dalam bidang-bidang lainnya. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan mempererat hubungan kerjasama antara dua universitas,” tutur Wiryono Raharjo.

Sementara disampaikan Rudianto, setelah dilaksanakannya Summer Program P2A ini bisa menjadi titik awal hubungan kerja sama antara UII dan UMSU. “Setelah berakhirnya program ini, kedepan antara UII dan UMSU akan melanjutkan program lainnya. Dengan harapan agar semakin menguatkan hubungan kerjasama antara kedua universitas dalam berbagai bidang lainnya,” paparnya.

Pada acara penandatanganan MoU ini, diakhiri dengan penyerahan cinderamata serta penutupan Summer Program P2A bersama para peserta program. (RRA/RS)